Kuliner Khas Kupang yang Membuat Lidah Bergoyang

Teman Traveler yang sedang berkunjung ke Kupang, wajib mencicipi Kuliner Khas Kupang berikut ini. Beberapa diantaranya dijadikan pengganti nasi oleh masyarakat Kupang, lho. Dijamin tetap kenyang walaupun tidak makan nasi. Yuk, cobain teman Traveler!

Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi via Instagram/lapeerkupang

Kuliner khas Kupang, Ubi Nuabosi biasa dijadikan masyarakat kupang sebagai pengganti nasi karena kandungan kabrohidratnya yang tinggi. Ubi Nuabosi ini berbeda dengan ubi jenis lain, Ubi Nuabosi lebih lembut, manis serta harum dibanding ubi lainnya.

Biasanya, makanan tradisional Kupang ini dinikmati bersama dengan ikan asin dan sambal goreng. Rasanya yang unik pasti membuat Teman Traveler penasaran!

Muku Loto

Muku Loto via Facebook

Muku Loto adalah kuliner khas Kupang dengan bahan dasar pisang muda. Muku Loto secara harfiah memiliki arti pisang hancur. Jadi, kuliner Kupang ini adalah pisang muda yang dihancurkan dan dimasak bersama daging babi, sapi atau kerbau. Muku Loto lebih dianggap sebagai sayur dan biasa dijadikan makanan sehari-hari bagi masyarakat Kupang.

Kena Kita

Kena Kita Via Facebook

Kena Kita yang merupakan kuliner NTT ini berasal dari Pulau Palue, Kabupaten Sikka. Orang di luar NTT mungkin asing dengan makanan ini, namun penduduk lokal menghidangkan makanan ini sebagai pengganti nasi.

Kuliner ini adalah sejenis bubur yang isinya adalah ubi-ubian dan kacang. Biasanya disajikan dengan kelapa parut di atasnya supaya terasa lebih gurih. Ketika menyantapnya, Teman Traveler akan merasakan tekstur yang unik karena penggunaan kacang sebagai bahan utamanya.

Selain itu, karena masyarakat Flores suka makanan pedas, Kena Kita juga sering disajikan dengan tambahan cabe rawit, Bagi penggemar masakan pedas, rasanya justru lebih nendang!

Salome Tamnos

Salome bumbu kacang via Instagram/merlin_makan

Sejak beberapa tahun lalu, masyarakat Kupang sudah jatuh hati pada jajanan satu ini. Salome adalah penganan berbentuk bulat yang terbuat dari campuran terigu dan daging olahan. Camilan ini wajib dicoba apabila Teman Traveler mampir atau berlibur ke kota yang mempunyai julukan kota karang ini.

Sekilas, jajanan ini tampak seperti jajanan khas Jawa yaitu cilok, yang membuatnya terasa berbeda adalah gurihnya lumuran telur yang digoreng. Salome Tamnos biasa disajikan dengan tambahan bumbu kacang dan siraman kecap manis.

Bagi yang tertarik untuk mencicipi Salome Tamnos bisa mengunjungi Taman Nostalgia di daerah Walikota Kupang. Destinasi wisata kuliner Kupang ini, menyediakan Salome dengan berbagai variasi, seperti salome goreng, salome rebus, hingga salome kentang. Harganya pun cukup terjangkau. Salome kecil baik itu goreng atau rebus dihargai Rp 500, salome besar dengan isi telur, goreng maupun rebus seharga Rp 1.000, bakso tahunya dihargai Rp 1.000, sedangkan salome kentang dijual dengan harga Rp 1.000.

Itu dia berbagai kuliner khas Kupang yang wajid dicoba oleh Teman Traveler. Selamat makan!

Tags
Indonesia kuliner Indonesia Kupang NTT
Share