Libur Akhir Pekan, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Enak Di Karawang Ya!

Advertisement

Liburan akhir pekan memang menjadi waktu yang paling ditunggu oleh siapapun. Pastinya berbagai jadwal liburan menjadi waktu yang tepat untuk melepas lelah, letih, lesu, dan kurangnya semangat atas beban kerja yang begitu padat. Bingung ingin berwisata kemana, mending wisata kuliner saja. Bagi kamu yang berada diarea Kabupaten Karawang, bisa mencoba beberapa kuliner menggiurkan.

Kuliner khas karawang yang begitu menggiurkan
Kuliner khas karawang yang begitu menggiurkan. Foto via karawangbekasiekspress.com

Karawang merupakan Kabupaten yang dikenal dengan pusatnya lumbung padi di Indonesia. Meski tidak begitu banyak tempat wisata namun jangan salah bila urusan dengan wisata kulienrnya. Mulai dari jajanan kaki lima hingga kelas bintang lima siap menemani semua kalangan. Dari segi rasa memang patutu diacungi jempol, cita rasa yang sangat khas apalagi racikan dari rempah-rempahnya yang mampu menggiurkan lidah.

Nah, penasaran kan dengan beberapa kuliner Kabupaten Karawang yang penuh cita rasa ini. Yuk simak ulasan dibawah ini!

Pepes Walahar

Pepes Walahar dengan cita rasa yang sangat lezat
Pepes Walahar dengan cita rasa yang sangat lezat. Foto via masakandapurku.com

Deretan warung yang berjejer di area Jalan Bendungan Walahar ini terdapat salah satu sajian pepes yang begitu menggoda, yaitu Pepes Walahar. Pepes Walahar milik Pak Dirja ini berbahan dasar dari ikan Jambal. Gerainya terletak di Jalan Bendungan Walahar Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Tak hanya pepes isi ikan saja lho teman traveler, kamu dapat menikmati sajian pepes jamur, pepes oncom, pepes peda dan pepes teri.

Soto Tangkar

Urusan soto, pastinya dapat kamu temukan dimanapun kamu berada selagi kamu masih di area nusantara. Makanan satu ini memang menjadi primadona masakan khas nusantara. Namun bila kamu berkunjung ke kota Karawang, sajian soto unik dan pastinya berbeda dari yang lainnya adalah Soto Tangkar. Soto ini tetap memiliki ,iuah kuning dengan campuran daging dari iga sapi yang dimasak menggunakan bumbu rempah-rempah sehingga daging terasa lebih nikmat dan sedap.

Soto tangkar dengan sajian sate kambing yang super lezat
Soto tangkar dengan sajian sate kambing yang super lezat. Foto via youtube.com

Soto tangkar ini hampir sama dengan soto betawi dimana menggunakan kuah santan yang bercita rasa sedap nan gurih. Bila kamu ingin menikmati sajian soto tangkar ini bisa mencobanya di Soto Tangkar Mang Nean yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika No. 23-38, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Sajian dari ikan gabus bumbu pucung ini memiliki aroma yang sedap dan gurih. Apalagi disajikan dengan bumbu pucung disantap dengan nasi hangat. Bumbu pucung ini memiliki tampilan warna coklat kehitaman karena ada bahan kluwek sebagai penambah warna hitam dengan aroma yang cukup lezat.

Ikan Gabus Bumbu Pucung memiliki bumbu hitam dengan aroma rempah-rempah kluwek yang khas
Ikan Gabus Bumbu Pucung memiliki bumbu hitam dengan aroma rempah-rempah kluwek yang khas. Foto via tagar.id

Bila kamu ingin menikmati ikan gabus bumbu pucung ini sebegra merapat saja di warung-warung area jalan Pangkal Perjuangan Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karang.

Soto Gempol

Ternyata Karawang ada Soto Tangkar dan Soto Gempol dimana soto ini memiliki sajian berbagai variasi jenis daging. Kamu bisa memilih soto dengan pilihan daging seperti soto babat, soto daging, soto ayam ,dan soto usus. Bila kamu ingin menikmati semua varian daging bisa memesan soto campur.

Soto Gempol dengan pilihan daging yang bervariasi seperti usus, babat, daging sapi dan daging ayam
Soto Gempol dengan pilihan daging yang bervariasi seperti usus, babat, daging sapi dan daging ayam. Foto via traveljakartabandung.com

Soto Gempol ini bisa kamu dapatkan diberbagai lokasi selama kamu menjelalah Kabupaten Karawang. Ada sejumlah kedai soto gempol yang nikmat yaitu Soto Haji Diding yang berlokasi di Jalan Resinda Raya, Kelurahan Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang.

Es Walikota

Dari jajaran masakan berat, kali ini terdapat minuman untuk penghilang dahaga. Yaitu Es Walikota yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. Uniknya kamu dapat mengisi sendiri isian dari es walikota ini. Banyak isian mulai dari nanas, melon, semangka, pepaya, strowberi, kolang-kaling, mutiara, hingga berbagai jeli.

Es Walikota di area Karawang yang sangat menyegarkan tenggorokan
Es Walikota di area Karawang yang sangat menyegarkan tenggorokan. Foto via javatravel.com

Bila sudah tercampur dalam satu amngkok, maka disiram dengan kuah dan berbagai sirup kemudian diberi serutan es batu dan terakhir diberi lumeran susu krimer dan gula pandan berwarna hijau.

Advertisement
Tags
Kuliner Karawang Kuliner Nusantara Wisata Kuliner Wisata kuliner Jawa Barat Wisata Kuliner Nusantara
Share