Kuliner Jepara Paling Khas, Ada yang Jadi Favorit Kartini

Advertisement

April selalu dikenang sebagai bulannya Kartini. Pahlawan yang memperjuangankan hak-hak wanita zaman dulu ini lah yang membuat wanita modern bisa belajar tinggi dan bekerja, sama dengan para lelaki. Tahu kan bahwa ibu Kartini lahir di Jepara, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah? Kira-kira apa ya kuliner khas daerah tersebut yang menjadi makanan favorit beliau? Ini dia daftarnya.

Terbuat dari tepung aren, horog-horog ini merupakan makanan khas Jepara yang kini sudah sulit ditemui di luar daerah ini. Biasanya dimakan dengan sate kikil sebagai menu sarapan. Cicipi langsung di Pecel Horog-Horog Bu Heri, Jl. Kolonel sugiono no. 93 Jepara.

Horog-horog
Horog-horog [image source]

Dinamai Moto Belong, yang berarti mata yang sedang melotot karena bentuknya yang mirip. Ini merupakan jajanan yang terbuat dari singkong dengan pisang sebagai isinya. Cemilan ini banyak sekali ditemukan di pasar tradisional Jepara.

Moto Belong khas Jepara
Moto Belong khas Jepara [image source]

Adon-adon Coro adalah minuman jamu yang kaya akan rempah-rempah. Berisi pandan, kayu manis, cengkeh, yang berkhasiat menghangatkan badan seperti wedang jahe. Cicipin ini di  pelataran sekitar Shopping Centre Jepara, di sebelah utara Alun-Alun Kota Jepara

Adon-adon coro
Adon-adon coro [image source]

Blenyik, juga dikenal dengan nama tempong atau teri yang dibulat-bulat kecil, lalu digoreng dengan telur. Rasanya asin dan nikmat banget disantap dengan nasi hangat.

Blenyik khas jepara
Blenyik khas jepara [image source]

Ketep Antep atau juga dikenal dengan nama Asem-asem Daging ini merupakan makanan khas kisaran Jawa Tengah, termasuk Jepara. Dan kabarnya, Ketep Antep ini adalah kudapan favorit Ibu Kartini, lho.

Ketep Antep atau Asem-asem daging
Ilustrasi Ketep Antep atau Asem-asem daging [image source]

Di musim hujan begini, wedang ronde yang hangat, bulat-bulat jahe ini sangat nikmat, ya. Di kabupaten kelahiran pahlawan wanita kita ini juga banyak ditemukan wedang yang bisa jadi teman ngobrol. Ini juga merupakan minuman kesukaan Kartini.

Ilustrasi wedang ronde Jepara
Ilustrasi wedang ronde Jepara [image source]

Kuah pedas nan segar dari Pindang Serani, juga ikan-ikan di dalamnya juga tak ketinggalan menjadi kesayangan pecinta kuliner Jawa Tengah, khususnya daerah yang terkenal dengan ukiran ini. Nikmati menu ini di Warung Makan MA’E (Bu Marini) Pantai Kartini Jepara.

Pindang Serani Jepara
Pindang Serani Jepara [image source]

Rondo Royal cocok banget disantap sebagai teman teh hangat atau kopi. Ini merupakan gorengan dari tape manis yang dipadukan dengan tepung beras. Kini, banyak ditemukan rondo royal dengan rasa-rasa di dalamnya.

Rondo Royal Khas Jepara
Rondo Royal Khas Jepara [image source]

Setelah kenyang makan siang dengan menu Pindang Serani, boleh nih menikmati sunset yang indah dan tenang di Pantai Kartini Jepara di daerah Bulu. Jalan-jalan itu tak perlu mahal, yang penting kesannya dan dengan siapa, lho.

Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini Jepara [image source]
Wah, perut tiba-tiba bunyi melihat kuliner Jepara yang enak-enak ini. Jadi ingin cicipin juga makanan kesukaan Ibu Kartini, ya. Apalagi jika sebelumnya sempat mampir ke objek wisata Jepara, pasti lebih seru.

 

Advertisement
Tags
kuliner khas Jepara
Share