Kuliner Khas Banten, Lezat dan Nikmat yang Wajib Dicoba

Advertisement

Mempunyai banyak sekali wisata bahari untuk liburan tentu wajib juga mencoba kuliner khas Banten yang lezat dan nikmat. Mulai dari camilannya sampai makanan berkuah kaya akan bumbu rempah-rempah. Yuk simak daftar di bawah ini.

1. Ketan Bintul

ketan bintul
Ilustrasi via instagram bebadog.bae

Pertama ada Ketan Bintul, menjadi makanan pendamping wajib di Bulan Ramadhan. Ketan ini sama seperti ketan lainnya terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, perbedaannya terletak di topping serundeng dicampur kacang halus. Cita rasanya gurih dan legit membuat ketagihan.

Teman Traveler bisa mencoba satu porsinya dibanderol Rp 15.000 sampai Rp 35.000 di Ketan Bintul H. Mamad yang berlokasi di Pasar Lama Jalan Maulana Hasanudin No.30 (Depan Bank UOB), Kotabaru, Kecamatan Serang, Banten. Jam operasional pukul 11.30 sampai sehabisnya.

2. Angeun Lada

angeun lada
Ilustrasi via instagram misshotrodqueen

Kemudian ada Angeun Lada mirip seperti gulai merupakan sayur pedas khas Banten berbahan utama jeroan sapi seperti babat, usus, limpa, jantung dan lainnya dicampur dengan sayuran, daun walang serta rempah-rempah membuat masakan harum serta nikmat. Biasanya makanan ini hadir saat merayakan hari besar seperti Idul Fitri.

Teman Traveler dapat mencoba masakan Angeun Lada ini di RM Cep Udin Angeun Lada dengan satu porsinya Rp 20.000 yang berlokasi di Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jam operasional pukul 08.00-22.30 WIB, buka setiap hari.

3. Kue Jojorong

kue jojorong
Ilustrasi via instagram randrapatisserie

Berikutnya ada Kue Jojorong sekilas mirip bubur sumsum, camilan khas Banten Pandeglang. Berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa lalu disiram dengan gula aren untuk menikmatinya. Keunikan kue ini adalah daun pisang sebagai pembungkusnya, dibuat seperti mangkuk berbentuk persegi. Cita rasa gurih dan manis bertekstur lembut akan terasa saat memakannya. Kue ini biasa dijual di pasar tradisional dengan harga sekitar Rp 5.000 sampai Rp 20.000 per bungkus.

4. Sate Bandeng

sate bandeng
Ilustrasi via instagram banten.story

Selanjutnya ada Sate Bandeng khas Banten, berbahan dasar ikan bandeng yang dihilangkan durinya lalu daging ikan dicampur bumbu rempah-rempah dan santan, dimasukkan ke dalam ikan. Kemudian ditusuk menggunakan tangkai bambu setelah itu dibakar di atas arang. Rasanya khas asin dan gurih selain itu teksturnya lembut, wajib dijadikan oleh-oleh.

Teman Traveler bisa membelinya di Pusat Oleh-oleh Sate Bandeng Ibu Amenah Khas Banten dengan satu porsinya dibanderol Rp 37.000, berlokasi di Jalan Sayabulu km.1, Lingkar No.11, RT.2/RW.1, Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. Jam operasional pukul 07.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar kuliner khas Banten yang wajib dicoba Teman Traveler saat berkunjung ke sana. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement
Tags
Banten kuliner banten kuliner khas banten
Share