Yuk Mengenal Angeun Lada, Kuliner Khas Banten yang Jadi Salah Satu Warisan Budaya Tak Benda

Banten merupakan provinsi baru Indonesia yang berkembang begitu cepat. Wilayah yang dahulunya merupakan bagian dari Jawa Barat ini juga mengalami perkembangan dalam berbagai bidang, termasuk juga pariwisata. Banyak destinasi wisata memesona yang populer dan dikunjungi. Sebut saja Pantai Tanjung Lesung, Kampung Baduy, dan lain-lain. Tak hanya destinasi wisata alam saja, Banten juga menyuguhkan kuliner sedap dan mantap. Salah satunya adalah angeun lada. Makanan jenis apa ini? Yuk baca lebih lanjut.

Apa Itu Angeun Lada

Angeun lada yang nikmat, via Instagram/uniezzt
Angeun lada yang nikmat, via Instagram/uniezzt

Angeun lada merupakan salah satu hidangan khas masyarakat Banten yang ternyata berakar dari masyarakat suku Sunda. Angeun berarti sayur dan lada berarti pedas. Bahan utama pembuatan kuliner khas Banten ini adalah babat sapi, dan campuran sayur. Tidak ketinggalan bahan baku utamanya juga daun khas yang bernama daun walang yang aromanya sangat menyengat. Untuk bumbu-bumbunya seperti halnya bawang merah, kemiri, bawang putih, kencur, dan tak ketinggalan kencur.

Hidangan Wajib Perayaan-perayaan Besar

Angeun lada sebagai pendamping ketupat, via Instagram/elkealexa
Pendamping ketupat, via Instagram/elkealexa

Di masyarakat Banten, sayur yang memiliki citarasa gurih pedas ini banyak digunakan sebagai hidangan wajib pada perayaan-perayaan besar. Contohnya saja saat hari raya Idul Fitri. Selain itu juga dijadikan sebagai suguhan saat ada acara keluarga. Ini menjadi salah satu kuliner khas yang memiliki peran cukup penting, tak salah sampai sekarang ini masih banyak diolah.

Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Sejak 2016

Kuliner pedas Banten, via Instagram/benubuloe
Kuliner pedas Banten, via Instagram/benubuloe

Ternyata angeun lada ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Sejak 2016 oleh Kementerain Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Sebagai informasi, warisan budaya tak benda ini termasuk tradisi, seni pertunjukan, ekspresi lisan (misalnya bahasa pengetahuan, ketrampilan, alat-alat, praktek, benda alamiah, dan artefak). Serta tidak ketinggalan ruang budaya yang diakui oleh berbagai komunitas. Penetapan ini ditandatangani pada 14 September 2016.

Lokasi Mendapatkan Angeun Lada

RM Cep Udin, via Instagram/dennis_red_tiger
RM Cep Udin, via Instagram/dennis_red_tiger

Jika ingin menciicpi kuliner ini, jangan lupa memasukkan Banten sebagai tujuan Traveling. Salah satu lokasi yang bisa jadi jujukan adalah Warung Cep Udin yang lokasinya berada di Lapangan Sukarela Pandeglang. Alamatnya di Jl. Curug Sawer, Pandeglang. Ini merupakan salah satu lokasi yang cukup populer di Banten untuk mencicipi angeun lada.

Jalan-jalan ke Banten akan sangat kurang seru jika tidak mencicipi kuliner yang disuguhkan. Salah satunya adalah angeun lada yang sudah masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda khas Nusantara. Mau coba kapan?

Tags
angeun lada Banten Indonesia kuliner
Share