Kuliner Khas Afrika, Eksotis dan Patut Dicicipi Langsung di Tempat Asal

Jika berbicara mengenai wisata di Afrika, salah satu yang paling kondang adalah Safarinya. Kamu bisa menemukan berbagai spesies langka yang hidup secara bebas dan liar di sini. Ternyata tidak hanya wisatanya yang menggiurkan untuk disaksikan, namun juga kulinernya. Tidak sedikit kuliner khas Afrika yang rasanya istimewa, kamu bakal ketagihan setelah mencobanya.

Ayam Piri-piri, Mozambique

Ayam piri piri, via Instagram/tablefortwins
Ayam piri piri, via Instagram/tablefortwins

Ayam Piri-piri merupakan kuliner khas Mozambique yang rekomended untuk dicoba. Biasanya ayam piri-piri dipadukan dengan saus yang terbuat dari santan kental. Ayam dipangang kemudian dipadukan dengan bumbu rempah yang kaya. Secara tradisionalnya, ayam piri-piri ini disajikan dengan daun singkong. Jadi rasanya akan saangat unik sekali, patut buat dicoba.

Nasi Jollof dan Sup Egusi, Nigeria

Nasi Jollof, via Instagram/jahskitchen_
Nasi Jollof, via Instagram/jahskitchen_

Lalu ada juga nasi jollof yang terbuat dari kombinasi beras, tomat, pasta tomat, daging, sayuran, dan rempah-rempah. Biasanya, nasi jollof ini dipesan untuk berbagai perayaan meriah. Namun karena citarasanya yang nikmat, tak sedikit masyarakat setempat yang menjajakannya. Biasanya juga ada sup egusi yang enak dan mantap. Sup ini terbuat dari biji melon dan dedaunan.

Koshari, Mesir

Nasi Koshari, via Instagram/xes_kitch
Nasi Koshari, via Instagram/xes_kitch

Dari daerah Afrika lainnya, Mesir, ada Koshari. Ini merupakan hidangan yang sudah ada sejak mesir kuno. Bahan-bahan pembuatnya adalah makaroni, lentils (kacang-kacangan), dan juga makaroni. Bahan-bahan sebelumnya dicampur secara bersamaan kemudian ditambah dengan saos tomat dan cuka, bisanya diberi potongan spaghetti lalu diberi taburan kacang arab dan bawang goreng renyah.

Bunny Chow, Afrika Selatan

Bunny Chow, via Instagram/mygastrogenome
Bunny Chow, via Instagram/mygastrogenome

Satu lagi kuliner khas Afrika yang cukup terkemuka di Afrika Selatan, namanya adalah Bunny Chow. Tidak jelas kenapa kuliner ini diberi nama Bunny Chow namun yang pasti rasanya menggugah selera. Ini merupakan setengah atau seperempat nasi putih yang diisi dengan kari panas. Salah satu jajanan yang begitu laris manis di Afrika Seltan.

Jika kamu berencana buat jalan-jalan ke Afrika, jangan lupa mencoba kuliner yang ada di sana. Citarasa yang berbeda dari Afrika akan membuat jalan-jalanmu makin berkesan.

Tags
Afrika kuliner khas Afrika Luar negeri
Share