5 Kuliner Tradisional Serba Ketan Hitam, Gurih Manis yang Bikin Nagih

Advertisement

Jajanan tradisional khas Nusantara tidak hanya enak, tapi juga diolah dengan cara unik. Bahan yang digunakan pun beragam, salah satunya ketan hitam. Selain menciptakan rasa yang gurih, bahan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu, kuliner apa saja yang memiliki kandungan ini? Berikut daftar kuliner ketan hitam yang bikin nagih.

1. Wedang Cor

Segelas Wedang Cor Mbah As
Segelas Wedang Cor Mbah As (c)Travelingyuk/Febri

Pernah liburan ke Jember? Pasti tak asing dengan Wedang Cor. Minuman ini terbuat dari ketan hitam yang dicampur dengan air jahe dan susu kental. Perpaduan bahan ini menghasilkan wedangan hangat dengan tampilan unik. Salah satu tempat yang menawarkan menu ini adalah Warung Wedang Cor Mbah As di Jalan Pajajaran, Kebonsari, Sumbersari.

Minuman hangat di Jember yang Fenomenal
Minuman hangat di Jember yang Fenomenal (c) Travelingyuk/Febri

2. Onde-onde Ketan Hitam

Onde-onde dari ketan hitam
Onde-onde dari ketan hitam via instagram/@ennymusamma

Jajanan berbentuk bulat dengan wijen di permukaannya ini memang bikin lidah tak berhenti bergoyang. Selain menggunakan ketan putih, kamu juga bisa menggunakan tepung ketan hitam sebagai bahan utamanya. Rasanya tentu saja tak kalah lezat. Apalagi tambahan isinya yang gurih-gurih manis bikin nagih. Selain bisa dibeli, untuk membuat makanan ini juga mudah loh.

Onde-onde Ketan Hitam
Onde-onde Ketan Hitam via instagram/@ennyskitchen

3. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam Lezat
Bubur Ketan Hitam Lezat via instagram/@arinda_ph

Bubur ketan hitam juga menjadi jajanan tradisional berikutnya yang terbuat dari ketan hitam. Menu tersebut disajikan bersama dengan siraman santan dengan cita rasa gurih. Semakin kental santan, sensasi sedap makin bikin lidah tak berhenti bergoyang. Tak hanya berisi ketan saja, beberapa tempat juga menyediakan menu bubur ketan hitam dengan campuran kacang hijau.

Bubur Ketan Hitam
Bubur Ketan Hitam via instagram/@chen_chin_mei

4. Lenjongan

Lenjongan
Lenjongan via instagram/@untorodr

Jajanan pasar memang juaranya. Termasuk lenjongan yang merupakan makanan klasik khas Solo. Disajikan di atas picukan daun pisang, camilan ini terdiri dari ketan hitam, sawut, klepon, gatot, cenil, lemet, ketan putih, tiwur, dan legendar. Tak lupa taburan kelapa parut serta siraman gula jawa cair di atas. Soal rasa, tak diragukan lagi. Satu porsipun bakalan kurang.

Seporsi Lenjongan
Seporsi Lenjongan via instagram/@thoryc.id

5. Es Santan Ketan Hitam

Es Santan Ketan Hitam di Malang
Es Santan Ketan Hitam di Malang via instagram/@sansantedjo

Liburan ke Malang, sempatkan lah mampir di Jalan Sempu. Ada Es Santan 68 yang terkenal dengan minuman segar dan menggugah selera. Pecinta kuliner mengenalnya dengan Es Santan Ketan Hitam. Sesuai dengan namanya, minuman ini berisikan ketan hitam, dawet berwarna merah, kuah santan serta siraman sirup berwarna merah. Tak lupa tambahan roti tawar di atas.

Es Santan Ketan Hitam
Es Santan Ketan Hitam via instagram/@melidoyanmakan

Nah, itulah kuliner ketan hitam yang rasanya gurih-gurih manis. Bagaimana, sudah coba yang mana saja nih?

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan Indonesia jajanan tradisional Jember kuliner jember
Share