Menjaring Kuliner Kangkung di Jakarta, Bikin Perut Keroncongan

Advertisement

Meskipun sederhana, kangkung buktinya sering dicari saat makan. Olahan yang paling sederhana dari kangkung ini biasanya ditumis, dan itu saja sudah nikmat sekali rasanya. Ternyata di luaran saja, kangkung tidak hanya enak ditumis, diolah dengan cara lainnya juga tidak kalah nikmat. Buat kamu warga ataupun sedang berada di ibu kota, inilah jajaran kuliner kangkung di Jakarta yang bisa kamu cicipi kenikmatannya.

Pelecing Kangkung

Pelecing kangkung dan olahan lainnya, Via Instagram nw.harrison
Pelecing kangkung dan olahan lainnya, Via Instagram nw.harrison

Salah satu menu yang sudah sangat populer di telinga kita semua adalah pelecing kangkung. Komposisinya yakni kangkung rebus, tauge, lalu disiram dengan sambal terasi. Ini merupakan kuliner khas lombok yang juga banyak diadopsi di daerah lainnya, termasuk juga di Jakarta. Ada tempat makan pelecing kangkung enak yang bisa kamu coba, yakni di Rumah Makan Putera Lombok yang terdapat di Bintaro. Jangan lupa mencicipi ayam taliwangnya yang juara di sini.

Mie Kangkung

Mie Kangkung Si Jangkung, Via Instagram utamiisharyani
Mie Kangkung Si Jangkung, Via Instagram utamiisharyani

Jika biasanya mie dipadukan dengan sayuran seperti sawi, namun di Betawi atau Jakarta ada olahan mie kangkung. Dalam satu porsi mie kangkung biasanya akan ada mie telur kuning, bakso, tauge, jamur, dan yang pasti rebusan kangkung lalu disiram dengan kuah kental berwarna cokelat. Selanjutnya ditaburi bawang goreng, perasan jeruk nipis dan juga sambal. Citarasanya nendang di mulut. Tempat legendaris di Jakarta untuk mencicipi mie kangkung adalah yang berada di Gang Gloria, Glodok bernama Mie Kangkung Si Jangkung.

Kangkung Masak Saus Tiram

Olahan kangkung di Dermaga Makassar Seafood, Via Instagram dermagamakassar.bsd
Olahan kangkung di Dermaga Makassar Seafood, Via Instagram dermagamakassar.bsd

Bosan dengan olahan kangkung yang itu-itu saja? Kamu bisa mencicipi kangkung masak saus tiram yang disajikan secara hot plate. Tak hanya kangkung saja, biasanya diberi tambahan udang dan juga telur puyuh. Tergiur mencicipi kangkung olahan ini? Kamu bisa pergi ke Dermaga Makassar Seafood yang terdapat di daerah Serpong.

Kangkung Asap

Kangkung Asap dari Green Kitchen, Via Instagram foodescape_id
Kangkung Asap dari Green Kitchen, Via Instagram foodescape_id

Lauk yang biasanya diasap adalah daging ataupun juga ikan. Tapi, bagaimana jika yang diasap ini adalah kangkung? Tapi jangan bayangkan kangkung diasap seperti ikan ataupun daging ya. Kangkung asap satu ini disajikan dengan hot plate sehingga memiliki uap yang banyak. Ada restoran Green Kitchen di daerah Muara Karang, menyuguhkan kangkung asap dengan rasa yang begitu menggoda.

Cah Kangkung Beragam Bahan

Kangkung Cah Tauco, Via Instagram feelingchubby
Kangkung Cah Tauco, Via Instagram feelingchubby

Cah kangkung biasanya hanya itu-itu saja ya, tapi di Taman Santap Rumah Kayu yang berada di Ancol dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya. Contohnya saja kangkung cah belacan (terasi), cah ayam, cah jamur, cah tauco, dan juga cah telur puyuh. Nikmatnya lagi, olahan kangkungnya disajikan dalam hot plate. Jadi, kamu masih bisa menyantap cah kangkung dalam kondisi yang hangat, mantap!

Buat kamu para pecinta kangkung, yuk segera cicipi berbagai menu di atas. Supaya kamu nggak makan olahan yang itu-itu saja.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat kuliner jakarta olahan kangkung di Jakarta tempat santap kangkung di Jakarta
Share