Kuliner Serba Kambing di Jogja, Enak Tak Ada Duanya

Selain budaya yang khas, wisata yang menarik, juga deretan pantai indah di Gunungkidul, tak ada yang mampu menolak godaan dari kuliner Jogja. Tak hanya punya gudeg yang rasanya memang ngangenin, kuliner serba kambing di kota ini juga enak banget. Tak percaya? Coba saja salah satunya!

1. Tengkleng Merapi

Tengkleng Kambing Kuah Rica, Tengkleng Merapi
Tengkleng Kambing Kuah Rica, Tengkleng Merapi [image source]
Duh, yang doyan pedes pasti langung ngiler, nih. Mampirlah ke Tengkleng Merapi yang berlokasi di Jl. Gejayan No.5 dan Jl. Urip Sumoharjo untuk mencoba berbagai olahan daging kambing paling lengkap dan tak biasa. Siapa yang bisa menolak enaknya tengkleng pedas dengan kuah rica seperti dalam gambar? Tak hanya kambing, tempat makan ini juga menyediakan berbagai menu dari daging sapi, ayam, bahkan kelinci.

Tengkleng Merapi
Tengkleng Merapi [image source]

2. Sate Klathak Pak Jeje

Sate Klathak Pak Jeje Jombor City
Sate Klathak Pak Jeje Jombor City [image source]
Sate Klathak adalah salah satu makanan khas Yogyakarta. Terbuat dari daging kambing muda yang dipotong dadu dan dibakar dengan tusuk besi. Coba kuliner nikmat ini di Sate Klatak Pak Je Je yang berlokasi di Jl. Magelang Km 6.5, Jogja. Cocok nih untuk menu makan malam setelah puas keliling Malioboro dan wisata di sekitarnya. Coba juga tengkleng dengan kuahnya yang makin nikmat saat disantap dengan nasi hangat.

Sate Klathak Pak Jeje
Sate Klathak Pak Jeje [image source]

3. Sate Klathak Pangestu

Sate Klathak Pangestu
Sate Klathak Pangestu [image source]
Sate Klatak Pangestu yang terletak di Jl Damai No 10, Jogja juga tak kalah enak. Selain satenya yang memang terkenal nikmat, coba juga tengkleng keringnya. Olahan daging kambing berbumbu ini sengaja dimasak lebih lama dari tengkleng biasa. Paling enak dimakan pakai nasi dengan menggunakan tangan. Jangan lupa pesan es jeruk nipis yang dipercaya sebagai penetralisir lemak.

Tengkleng Kambing, Sate Klathak Pangestu
Tengkleng Kambing, Sate Klathak Pangestu [image source]

4. Kebuli Mbah Soleh

Nasi Kebuli Mbah Soleh
Nasi Kebuli Mbah Soleh [image source]
Tak hanya sate, ada banyak olahan kambing nikmat yang bisa dicicipi saat traveling ke Jogja. Mampir saja ke Kebuli Mbah Soleh yang berlokasi di Imogiri Timur km.12 Kembang Songo, Bantul. Iga kambing bakar siap disantap dengan nasi kebuli. Ada juga Kambing Goreng Maroko yang juga tak kalah enak. Tempat ini sudah buka sejak pukul 9 pagi. Bisa nih sarapan dengan berbagai menu kambing?

Kebuli Mbah Soleh
Kebuli Mbah Soleh [image source]
Wah, pecinta daging kambing bisa bahagia nih karena ada banyak kuliner Jogja yang bisa dicicipin selain gudeg. Bagaimana, kamu sudah coba yang mana?

Tags
DIY Indonesia Jogja kuliner serba kambing
Share