4 Destinasi Wisata yang Ada di Jalur Pantura

Lebaran selalu identik dengan pulang kampung ataupun bersilaturahmi dengan saudara di luar kota. Tak jarang pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Karenanya jalur-jalur utama di lintas utara selalu padat. Namun di balik kemacetan tersebut, jalur Pantura juga memiliki sederet tempat wisata yang dapat kamu kunjungi. Seperti empat destinasi wisata di Pantura ini.

Pemandian Air Panas Guci, Tegal

Taman Air Panas Guci via instagram
Taman Air Panas Guci via instagram/irwan.ghele

Terjebak macet dalam perjalanan jarak panjang tentu menguras banyak tenaga. Kaki pegel-pegel pasti terjadi, apalagi kalau mobilmu bertransmisi manual. Biasanya berendam air panas bisa membuang jauh-jauh rasa pegel. Coba singgahlah di Pemandian Air Panas Guci yang berada di lereng Gunung Slamet. Air panasnya mengalir dari perut bumi dan mengandung belerang alami.

Curug Bengkawah, Pemalang

Ketinggiannya mencapai 20 meter via instagram
Ketinggiannya mencapai 20 meter via instagram/edwin.d5004

Terjebak macet dan menempuh perjalanan di jalur pantura pasti sangat gerah serta membuat kepala panas. Kalau sudah begitu, penawarnya adalah sesuatu yang adem-adem. Di Pemalang kamu bisa mampir ke Curug Bengkawah yang memiliki ketinggian hingga 20 meter. Dengan kedalaman mencapai 3 meter, pengunjung sangat tidak dianjurkan untuk berenang di sini.

Museum Batik Indonesia, Pekalongan

Museum Batik Pekalongan via instagram
Museum Batik Pekalongan via instagram/arrywastuti

Pekalongan juga dikenal dengan varian produk batiknya. Namun tak hanya dapat belanja pakaian khas Indonesia tersebut. Kamu juga dapat mengunjungi Museum Batik Indonesia yang ada di Pekalongan. Di dalamnya terdapat 1.149 koleksi batik tua hingga modern yang tertampung pada lahan seluas 40 meter persegi. Tempat ini juga menjadi pusat pelatihan serta pusat pembelajaran batik.

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah yang megah via instagram
Masjid Agung Jawa Tengah yang megah via instagram/rubahphoto

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki luas mencapai 10 hektare. Terdiri dari dua lantai yang terbagi untuk dua jamaah. Lantai satu untuk pria dan lantai dua untuk perempuan. Masjid yang mengadaptasi perpaduan Jawa, Timur Tengah, dan Yunani ini mampu menampung 6 ribu jemaah. Selain arsitektur yang indah dan mempesona, tempat ini memiliki enam payung raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.

Perjalanan panjang menuju mudik tentu memakan banyak waktu. Jika punya waktu untuk singgah dan istirahat, coba mampir ke beberapa tempat yang telah disebutkan di atas. Punya rencana mudik kemana lebaran mendatang?

Tags
Indonesia Lebaran Mudik Pantura Wisata
Share