Kuliner Jalan Suryakencana, Cicip Sajian Legendaris di Pecinan Bogor

Buat Teman Traveler yang hobi kulineran, mampir ke Bogor adalah pilihan tepat. Kota Hujan punya banyak pilihan sajian menarik untuk dicicipi. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah deretan kuliner Jalan Suryakencana.

Di sepanjang ruas jalan ini ada banyak makanan legendaris yang sayang dilewatkan. Buat Teman Traveler yang baru pertama ke sini, saya akan coba rekomendasikan beberapa kuliner Jalan Suryakencana yang bisa kalian coba. Semuanya enak, jadi pastikan kalian datang dengan perut kosong ya.

Soto Kuning Pak Ridwan 

Soto Kuning Pak Ridwan yang legendaris (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Beralamat di Jalan Suryakencana No. 189, Soto Kuning Pak Ridwan merupakan hampir tak pernah sepi pembeli. Meski persaingan di genre soto ini cukup kompetitif, warung Pak Ridwan punya kelebihan sendiri. Selain porsinya sangat melimpah, potongan daging dan jeroannya juga besar-besar Teman Traveler.

Tak hanya itu, racikan kuah kuning ala Pak Ridwan juga tiada duanya. Terasa kental dan gurih. Bersama lauk daging dan jeroan, membentuk paduan yang terasa pas dan sangat mengenyangkan. 

Berada persis di sebelah lapak toge goreng (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Teman Traveler bisa pesan soto dengan atau tanpa nasi. Tapi saya sarankan sih tanpa nasi agar kalian masih bisa coba makanan lain. Lantas berapa harganya? Cukup terjangkau kok. Seporsi kuliner lezat ini hanya dibanderol Rp20.000 saja.

Tepat di sebelah kedai ini, Teman Traveler akan menemukan warung Toge Goreng Pak Rohim. Menurut saya toge gorengnya merupakan salah satu yang terenak. Bumbunya pekat dan tauconya tidak berlebihan. Sensasi pedas manisnya pas sehingga kalian tak perlu menambahkan sambal.

Bakso Kikil Pak Jaka 

Gerobak yang setia menemani sejak 1986 (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Tidak jauh dari soto kuning, Teman Traveler bakal temukan kedai Bakso Kikil Pak Jaka yang juga tak kalah legendaris. Lokasinya tepat di pelataran Roter Boutique Outlet. Meski hanya menggunakan gerobak sederhana, rasa kuliner bakso yang ditawarkan sangat menggugah selera.

Bakso dan kikil melimpah (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Menurut penuturan Pak Jaka, beliau sudah berjualan di sini sejak 1986. Sejumlah selebritis terkenal seperti Laudya Chintya Bella dan Nabila Syakieb, serta beberapa politisi, diklaim pernah mencicipi bakso daging racikannya. Menarik ya Teman Traveler?

Kikilnya terasa renyah (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Kulineran di sini, Teman Traveler dijamin puas. Sebab beliau tak pelit memberikan bakso serta kikil dalam jumlah banyak. Rasanya juga mantap. Bakso buatan Pak Jaka begitu kaya daging. Paduan kikil renyah membuat saya tidak pegal saat mengunyah. Kuahnya juga gurih dan segar.

Tak heran jika pembeli lantas berbondong-bondong ingin mencoba Bakso Kikil Pak Jaka. Harga yang ditawarkan terbilang masuk akal, hanya Rp22.000 per porsi. 

Es Bir Kotjok Bogor

Es Bir kotjok yang menyegarkan (c) Gema Ziqri Gemimlang/Travelingyuk

Sebagai penutup setelah mencoba dua hidangan, minum Es Bir Kotjok Bogor adalah pilihan tepat. Teman Traveler jangan khawatir, sajian ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Justru kalian bakal merasakan paduan rempah menyehatkan seperti kayu manis, cengkeh, dan jahe. Semuanya dipadukan dengan gula aren yang nikmat.

Sebelum disajikan dalam gelas, es bir bakal dikocok lebih dulu. Selanjutnya penjual akan menambahkan es batu. Begitu menyentuh tenggorokan, sensasi segar langsung menyergap. Benar-benar enak dan bikin nagih

Mang Eman menuangkan bir dalam alat kocok (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Saya sempat ngobrol dengan Mang Eman, penjual Es Bir Kotjok tempat saya mampir. Menurut penuturannya, ia adalah generasi ketiga yang menjual es bir ini di pecinan. Dimulai dari sang abah (kakek) yang berjualan keliling sejak 1965, usaha ini lantas diwariskan ke Sang Ayah pada 1980an.

Memasuki 2008, barulah Mang Eman memegang kendali penuh atas kedai Bir Kotjok dan resmi berjualan di Jalan Suryakencana No. 291-299. Lokasinya bisa Teman Traveler tepat setelah perempatan Gang Aut. 

Bisa pesan lewat Whatsapp (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Duduk santai sambil minum es di sini sangat menyenangkan Teman Traveler, soalnya Mang Eman sangat ramah dan humoris. Senyum saya makin lebar lantaran segelas es bir hanya dibanderol Rp5.000. Puas!

Tips Datang ke Jalan Suryakencana

Ruas jalan Suryakencana (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang ingin mencicipi kuliner Jalan Suryakencana, ada beberapa tips nih dari saya. Pertama, buat yang menumpang kendaraan pribadi, sebaiknya parkir di mall BTM. Berikutnya kalian bisa menelusuri kawasan Pecinan dengan berjalan kaki.

Daerah ini terkenal macet sehingga Teman Traveler bakal kurang nyaman jika memaksakan kulineran sambil berkendara. Bakal lebih prakti jika kalian jalan kaki saja.

Berikutnya, Teman Traveler sebaiknya datang usai jam makan siang. Meski masih lumayan padat, tingkat keramaiannya takkan separah itu. Selanjutnya, jangan lupa kenakan pakaian dengan bahan menyerap keringat karena berjalan kaki di sekitar sini bakal cukup melelahkan. Terakhir, bawa uang cukup agar acara kulineran kalian makin lancar. 

Tags
Bogor kontributor kuliner bogor Travelingyuk
Share