Dari Leker hingga Es Puter, Ini Kuliner Indonesia Mirip Luar Negeri

Kuliner dalam negeri memang sangat banyak dan memiliki rasa nikmat. Tak salah jika banyak kuliner Indonesia yang masuk ke dalam jajaran terlezat di dunia. Sebut saja rendang, bakso, ataupun juga sate yang memiliki berjuta penggemar. Tapi tahukah kamu jika ternyata banyak kuliner khas Indonesia yang memiliki bentuk mirip dengan makanan luar negeri? Mari simak daftarnya seperti berikut ini.

1. Leker (Crepes)

Mirip dengan crepes, Via Instagram sbykulinerinfo  

Sadar nggak sih selama ini, jika ternyata leker yang sering dibeli di pinggir-pinggir jalan itu mirip sama crepes? Yup benar, bahkan rasanya juga mirip-mirip. Bahan pembuat kedua bahan ini juga sama, tapi yang membedakan adalah topping. Sebagai informasi, crepes ini makanan yang berasal dari Prancis.

2. Gohu Ikan (Sashimi)

Gohu ikan dari Ternate, Via Instagram nvicl

Buat kamu penggemar film atau hal-hal berbau Jepang, tentu saja familiar dengan olahan ikan mentah Sashimi. Tapi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Jepang jika Indonesia saja memiliki Gohu Ikan yang berasal dari Ternate. Untuk rasanya, sepertinya Gohu Ikan akan lebih familiar di lidah kita orang Indonesia ya. Bolehlah ya jika ke Ternate untuk mencoba Gohu Ikan.

3. Nasi Kuning (Paella)

Nasi Kuning, Via Instagram rondut

Sering sarapan pagi dengan menggunakan nasi kuning? Di luar negeri ada Paella yang penampakannya mirip-mirip dengan nasi kuning. Paella ini merupakan kuliner yang terbuat dari nasi, ayam, atau seafood kemudian dipadukan dengan berbagai macam bumbu. Nah, banyaknya bumbu inilah yang membuat hasil akhir dari Paella memiliki warna kuning, cenderung orange. Mirip-mirip sama nasi kuning, tapi rasanya berbeda.

4. Rendang (Steak)

Kuliner rendang, Via Instagram mamacifood

Salah satu kuliner Indonesia dengan rasa enak yang sudah diakui dunia, rendang, ternyata memiliki kembaran di luar negeri. Kembarannya adalah steak daging. Tentu saja, jika dibandingkan, rasa rendang jauh lebih nikmat ketimbang steak. Tapi bentuknya memang mirip. Bedanya, rendang dibumbui dengan berbagai rempah, sementara steak dengan berbagai saus.

5. Bubur Ayam (Risotto)

Bubur Ayam, Via Instagram my.foods.ig

Kuliner Indonesia lainnya yang memiliki bentuk yang mirip-mirip dari kuliner luar negeri adalah bubur ayam. Makanan yang biasanya dikonsumsi saat sarapan pagi ini mirip dengan risotto yang berasal dari Italia. Kesamaanya lagi, keduanya diolah dengan memanfaatkan sayur dan juga daging. Sama-sama lembek dan keduanya juga enak.

6. Es Puter (Gelato)

Es Puter, Via Instagram amazingindonesiafood

Terakhir dan banyak memiliki penggemar adalah gelato. Indonesia juga memiliki gelato tradisional yang tak kalah lezatnya, yakni es puter. Sama-sama memiliki tektur yang lembut, gelato berasal dari Italia, sementara es puter asli dari Indonesia. Penampilan kedua kuliner ini hampir mirip walau terbuat dari bahan berbeda.

Kira-kira menurutmu apa lagi ya kuliner Indonesia yang memiliki kemiripan dengan yang terdapat di luar negeri? Share pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Tags
Indonesia kuliner Indonesia mirip kuliner luar negeri kuliner mirip luar negeri makanan mirip luar negeri
Share