Piihan Kuliner Gurita yang Super Nagih, Pernah Coba yang Mana?

Gurita merupakan salah satu kuliner unik yang selalu menjadi idaman. Tekstur dagingnya yang lembut dan kenyal sangat cocok untuk dimakan kapan saja. Apalagi sekarang gurita sudah digunakan untuk olahan macam makanan. Kali ini Travelingyuk merekomendasikan beberapa kuliner gurita yang super nagih. Apa saja ya kira-kira?

Sate Gurita Pak Ajo, Aceh

Sate Gurita Pak Ajo via Instagram/@yobicandraroza

Kalau biasanya satu disajikan dengan daging ayam dan kambing, sate ini menggunakan gurita. Sate gurita ini sudah sejak 80-an. Gurita terlebih dahulu direndam dengan bumbu, kemudian dibakar. Gurita ini sendiri dikirim dari Sabang.

Untuk menikmatinya kamu bisa memilih dua sajian bumbu, yaitu bumbu padang dan bumbu kacang. Sate Gurita Pak Ajo ini berlokasi di daerah Lhok Panglima, Sabang, Pulau Weh, Aceh. Biasanya sate ini dibuka mulai dari sore hingga malam hari.

Bakso Gurita, Bulnak Gresik

Aneka bakso seafood unggulan via Instagram.com/bulnak_gresik

Bakso Gurita ini berlokasi di Jalan Gubernur Suryo, Gresik. Menu andalan di Bulan Gresik adalah bakso seafood yang variannya meliputi Killer Octopus, Killer Crab, Killer Crab Telor, Killer Lobster, Killer Squid, Killer Green Mussel, hingga Killer Belut. Berbeda dengan bakso biasanya, penyajian bakso di sini seafood disajikan utuh sebagai topping. 

Bakso Gurita Gresik via Instagram/ foodgraphy_indonesia

Selain itu, sensasi pedas pada kuah bakso menjadikan tempat ini terkenal. Hal ini juga cara lain untuk menghilangkan bau amis pada seafood. Kamu pun bisa dengan nikmat makan bakso tanpa harus khawatir ada bau kurang sedap.

Nasi Lawar Gurita, Warung Gede

Nasi Lawar Gurita via Instagram/@warung_gede_bali

Untuk kamu yang suka dengan kuliner berat, bisa juga mencoba nasi lawar gurita di Warung Gede, Bali. Warung ini berlokasi di Jalan Muktisari Gang. I No. 5, Bet Ngandang, Sanur, Bali. Untuk ke sini kamu harus lebih awal datang karena biasanya cepat habis.

Nasi Lawar Gurita merupakan masakan yang berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali. Bedanya kalau Nasi Lawar Gurita menggunakan gurita sebagai lauknya. Selain menu andalan Nasi Lawar Gurita, di warung ini juga menjual beragam menu bali lainnya seperti Nasi Betutu Panggang, Tipat Kuah, Gerangasem Ayam, dan sebagainya.

Gurita Bakar, Pasar Semawis Semarang

Gurita Bakar via Instagram/@kedaitokyo_smg

Selain makan berat, gurita juga bisa dibakar untuk cemilan. Salah satu kuliner gurita bakar yang harus kamu coba adalah di Pasar Semawis Semarang. Pasar Semawis ini ditata seperti festival kuliner sehingga para pengunjung bisa berkeliling mencari makanan dengan mudah. Gurita bakar merupakan kuliner yang paling dicari di pasar ini.

Dengan rasa unik dan berbeda kamu pun bisa memilih saus seperti baberque ataupun lada hitam. Apalagi rasa gurita makin terasa karena direndam terlebih dahulu dalam bumbu.

Nah itulah beberapa rekomendasi kuliner gurita yang bisa Teman Traveler coba. Bayangkan dagingnya berenang di kuah bakso langsung bikin penasaran, ya. Bagaimana, mau mencicipi yang mana dulu, nih?

Tags
bakso gurita gurita Indonesia kuliner unik olahan gurita
Share