Aneka Masakan Citarasa Gurih Berbahan Dasar Durian

Advertisement

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki aroma menyengat dan penuh kontroversi. Banyak orang yang menyukainya, tapi tak sedikit pula yang membencinya lantaran dianggap memiliki aroma yang kurang sedap. Terlepas dari berbagai kontroversinya, buah durian memiliki tekstur yang sangat lembut dan gampang diolah menjadi beragam makanan. Bahkan banyak juga kuliner gurih dari durian.

Buat para pecinta buah durian, berbagai olahan ini tentu saja menjadi surga tersendiri. Buah durian diolah menjadi makanan yang manis sudah sangat biasa ya. Berikut ini ada setidaknya empat makanan berbahan dasar durian yang memiliki citarasa gurih yang mungkin bisa dicoba.

Tempoyak

Asam-asam gurih sambal tempoyak, Via Instagram sal_la_kulinaria
Asam-asam gurih sambal tempoyak, Via Instagram sal_la_kulinaria

Tempoyak merupakan kuliner yang terbuat dari buah durian difermentasi yang biasanya digunakan sebagai lauk ikan kala menyantap nasi. Tempoyak bisa dimakan secara langsung tanpa nasi, tapi rasanya akan terlalu asam. Biasanya juga tempoyak ini dijadikan bumbu masakan yang dicampur dengan ikan, jadi rasanya gurih asam dan cukup membuat air liur mengucur deras.

Bakso Durian

Bakso durian, Via Instagram surya_pasuruan
Bakso durian, Via Instagram surya_pasuruan

Kuliner gurih dari si raja buah lainnya yang bisa untuk dicicipi kenikmatannya adalah bakso yang berisi buah durian. Ini merupakan menu yang beberapa waktu lalu booming di Bojonegoro dan juga Jombang. Ini benar-benar adonan bakso yang di tengahnya diisi dengan buah durian. Penasaran dengan rasanya? Kamu perlu datang ke Jombang ataupun juga Bojonegoro untuk mencicipinya.

Durian Goreng Keju

Durian goreng, Via Instagram tunshaayunie_
Durian goreng, Via Instagram tunshaayunie_

Ada juga durian goreng keju memiliki citarasa gurih-gurih asin dan bikin penasaran. Untuk membalut durian supaya tidak hancur digunakan bahan tepung terigu dan telur. Setelah digoreng sampai matang akan diberi parutan keju. Rasanya sangat nikmat sekali. Sensasi olahan durian yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Jika dirasa tidak terlalu suka dengan keju, tak perlu ditambahkan. Durian goreng juga memiliki rasa yang sudah cukup lezat dan nikmat.

Lumpia Durian

Lumpia durian, Via Instagram juragandurensangatta
Lumpia durian, Via Instagram juragandurensangatta

Selanjutnya ada juga lumpia durian yang memadukan antara renyahnya kulit lumpia dan lumernya daging durian ketika digigit. Dan ini bisa ditemukan di Semarang yang memang terkenal sebagai sarangnya lumpia. Pilihan lumpia durian ada dua macam, versi yang kering ataupun yang basah. Keduanya bisa dicoba, sama-sama memiliki citarasa yang istimewa.

Ragam olahan durian yang bercitarasa gurih di atas bisa banget dicoba ya. Supaya kamu nggak cepat bosan sama buah durian. Mau coba nggak?

Advertisement
Tags
durian rasa gurih kuliner Indonesia
Share