4 Kuliner Terkenal di Gunung, Ada Warung Tertinggi di Indonesia

Advertisement
Advertisement

Saat mendaki dibutuhkan persiapan yang cukup matang, seperti kebutuhan makanan selama mendaki. Harus tercukupi, jangan sampai dalam kondisi kelaparan. Tetapi bagaimana jika di puncak gunung para pendaki menemui sebuah warung? 4 lokasi kuliner ini berada di puncak gunung lho.

1. Penjual Buah Segar di Gunung Semeru

Buah Semangka Potong di Gunung Semeru via Instagram

Gunung Semeru tertinggi di Pulau Jawa, berada pada ketinggian 3.676 mdpl ini menjadi daftar destinasi wajib para pendaki. Ternyata banyak pedagang yang menjajakan buah semangka pada setiap posnya, bahkan ada di pos paling terakhir sebelum menuju puncak Semeru.

Pedagang buah potong menjadi obat segar bagi para pendaki saat kelelahan dan kehausan. Tetapi Teman Traveler harus menyiapkan uang lebih karena setiap tinggi lokasi pos akan mahal juga harga semangka potongnya.

2. Bakso Cuanki di Gunung Papandayan

Gunung Papandayan via Instagram

Gunung Papandayan berada pada ketinggian 2.665 Mdpl terletak di Kecamatan Cisurapan, Kota Bandung. Merupakan gunung kapur dengan bau belerang yang cukup kuat, biasanya menjadi tujuan pendaki pemula. Walaupun medan dan jalur pendakiannya mudah namun cukup menguras tenaga saat trekking.

Teman Traveler tidak perlu khawatir karena pada posnya banyak sekali pilihan kuliner yang bisa dicoba seperti makanan ringan, minuman dan ada juga bakso cuanki. Cukup mengisi kekosongan perut saat setelah mendaki bagi para pendaki.

3. Jajanan Bakso Tusuk dan Siomay di Gunung Cikuray

Pedagang Bakso di Gunung Cikuray via Instagram

Gunung Cikuray adalah gunung berapi kerucut yang berada di ketinggian 2.821 meter terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut Jawa Barat. Salah satu tujuan para pendaki menikmati sunrise yang indah. Memiliki Jalur pendakian yang cukup terjal dan menanjak, dibutuhkan energi yang cukup untuk melaluinya.

Tenang, Teman Traveler bisa memulihkan stamina dengan jajan cilok dan bakso setelah sampai puncaknya. Memang cukup membuat terkejut karena jarang ada yang berjualan di puncak gunung, pedagang ini pun sempat viral. Tetapi hanya pada saat akhir pekan saja pedagang ini diperbolehkan berjualan.

4. Warung Mbok Yem di Gunung Lawu

Warung Mbok Yem via Instagram

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl, terletak di tiga Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Magetan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Para pendaki Gunung Lawu mungkin sudah tidak asing dengan Warung Mbok Yem yang hanya berjarak beberapa meter dari puncak Hargo Dumilah, merupakan puncak tertiggi Lawu. Menjadikan warung ini tertinggi di Indonesia, keberadaannya sangat membantu para pendaki saat beristirahat dan mengisi energi.

Warung ini menyediakan menu sederhana tetapi sangat nikmat, seperti minuman, gorengan, mie instan dan pecel. Warung Mbok Yem telah berdiri sejak 1980an dan pemilik warungnya sudah terbiasa hidup di gunung karena ia menetap di warungnya.

Demikian 4 lokasi kuliner di puncak gunung yang bisa Teman Traveler coba saat mendaki. Jadi tidak perlu khawatir jika kelaparan atau lelah bisa singgah sejenak.

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia Pendakian
Share