Jajanan Generasi 90-an Versus Kuliner Kekinian, Tetap Menggoyang Lidah

Perkembangan zaman dan teknologi ternyata juga ikut menciptakan trend kuliner yang kekinian. Menariknya, hampir semua jajanan yang kini tengah hits merupakan transformasi dari kuliner generasi terdahulu. Tak percaya? Berikut Travelingyuk rangkumkan makanan enak dari generasi berbeda, yang serupa tapi memiliki bentuk berbeda. Dijamin bikin ngiler.

1. Dulunya, kue cubit hanya berwarna cokelat dengan taburan meses di atas. Namun, kini kamu bakalan temukan banyak kue cubit dengan berbagai rasa dan topping. Bahkan, ada juga yang berbentuk angka serta huruf.

Kue Cubit
Kue Cubit [image source & source]
2. Leker merupakan jajanan paling difavoritkan saat SD. Apalagi ditambah dengan meses di dalamnya. Kini, kue ini bertransformasi lebih tebal dan menggoda. Bahkan, ada yang ditambahkan dengan sosis, parutan keju, hingga jagung. Tentu saja rasa jajanan ini sangat menggiurkan.

Kue Leker
Kue Leker [image source & source]
3. Terang bulan dengan susu kental di dalamnya sering dijajakan di depan sekolah. Makanan ini pun dijual dalam bentuk potongan nikmat yang memanjakan perut. Sekarang, kue ini bertransformasi menjadi martabak mini yang dipadukan dengan berbagai topping, seperti keju parut, meses, dan kacang. Sudah coba kan?

Martabak Manis
Martabak Manis [image source & source]
4. Jika dulu pisang goreng hanya dimasak dengan adonan tepung terigu, lain halnya dengan sekarang. Kamu dapat merasakan sensasinya makan pisang goreng ber-topping green tea hingga keju. Bahkan, ada juga yang berbalut saos cokelat, lho!

Pisang Goreng
Pisang Goreng [image source & source]
5. Jagung serut menjadi jajanan favorit saat sore datang. Namun, kini kamu tak hanya menikmati jagung dengan rasa original bercampur mentega. Ada jagung serut ber-topping keju serta saos sesuai selera. 

Jagung Serut
Jagung Serut [image source & source]
6. Siapa nih yang hobi makan rambut nenek saat kecil? Biasanya makanan ini disajikan di atas kertas koran. Sekarang, ada banyak varian rambut nenek yang disajikan bersama roti dan es krim.

Rambut Nenek
Rambut Nenek [image source & source]
7. Jajanan molor-molor dengan keju mozarella memang tengah hits belakangan ini. Bahkan, cilok yang dulunya hanya disajikan dengan saos sambal telah berubah jadi kekinian.

Cilok
Cilok [image source & source]
8. Generasi 90-an pasti ingat antrean untuk mendapatkan gulali. Permen manis ini dicetak di tempat setelah pembeli memesan. Saat ini, gulali sudah dicetak dengan bentuk menarik. Ada yang berbentuk ayam hingga kupu-kupu lucu.

Gulali
Gulali [image source & source]
9. Teriknya siang memang paling mantap didinginkan dengan es pisang ijo. Menariknya, ada inovasi es pisang ‘zaman now‘ yang disajikan tanpa kuah. Penampilannya tampak menggoda dengan balutan cokelat hingga taburan meses warna-warni. Pun berbeda, keduanya tetap difavoritkan lho!

Es Pisang
Es Pisang [image source & source]
Bagaimana, sudah tahu transformasi dari jajanan 90-an yang berubah menjadi kekinian ini kan? Mana nih kuliner favorit kamu?

Tags
Indonesia Jajanan SD Kuliner Es Kuliner Kekinian Makanan tradisional
Share