Kuliner Favorit Para Raja yang Pas Jadi Menu Buka Puasa, Santapan Sultan yang Bikin Kenyang

Ada banyak sekali keunikan yang bisa ditemui di bulan Ramadan. Mulai dari tradisi, kuliner, hingga cerita yang menginspirasi. Daftar di bawah ini nggak kalah menarik nih. Berikut sejumlah kuliner favorit para raja yang cocok jadi menu buka puasa. Tertarik untuk berbuka ala sultan? Intip langsung yuk!

Ilabulo

Kuliner favorit para raja yang pas jadi menu buka puasa
Ilabulo di Gorontalo via Instagram/dokter_pew

Kalau sedang liburan ke Gorontalo ketika bulan puasa, jangan lupa untuk mencicipi Ilabulo yang merupakan salah satu menu buka puasa favorit bagi masyarakat setempat. Makanan ini terdiri dari sajian tepung sagu berisi campuran telur ayam, ati ampela, daging ayam dan sapi, dilengkapi dengan bumbu rempah serta dibungkus daun pisang.

Setelah dibungkus lalu direbus atau dibakar sesuai selera. Namun ada cerita menarik dibaliknya. Ilabulo ternyata merupakan kuliner favorit para raja saat sepakat menghentikan pertikaian dan memilih untuk berdamai.

Ketan Bintul

Ketan Bintul
Ketan Bintul, via Instagram/kdwiwatidj

Kuliner favorit para raja lainnya merupakan hidangan kesukaan Sultan Banten yakni Ketan Bintul. Makanan tersebut dapat dengan mudah dijumpai di bulan Ramadan dan bahkan menjadi kuliner wajib bagi masyarakat sekitar khususnya Serang.

Sampai sekarang, Kental Bintul selalu tersaji di meja makan keturunan keluarga Sultan ketika bulan Ramadan tiba. Menu buka puasa berbahan dasar beras ketan ini memiliki rasa yang gurih karena terdiri dari santan dengan taburan serundeng atau empal daging.

Nasi Jemblung

Nasi Jemblung
Nasi Jemblung, via Instagram/soviera6

Pergi ke Jawa Tengah tepatnya Solo, Nasi Jemblung menjadi santapan para sultan pada zaman dulu. Konon katanya makanan tersebut hanya bisa disantap oleh kalangan bangsawan. Bahkan menjadi sajian favorit Sultan Pakubuwana X. Namun, kuliner Solo ini bisa dinikmati oleh siapa saja.

Satu porsi biasanya terdiri dari nasi yang dibentuk melingkar menyerupai donat lengkap dengan bolongan di tengahnya, kemudian ada lidah dan daging sapi, sambal terasi, lalapan mentimun, tomat, serta kerupuk rambak. Nasi Jamblang merupakan kuliner favorit para raja yang cocok untuk buka puasa.

Kuah Pliek U

Kuah Pliek U
Kuah Pliek U, via Instagram/putroe_phon

Kuliner terakhir yang juga menjadi makanan raja-raja Aceh sejak abad ke-16 yaitu Kuah Pliek U. Pliek U adalah bumbu yang terbuat dari kelapa parut yang telah dikeringkan dibawah sinar matahari selama beberapa hari.

Olahan kelapa tersebut menghasilkan minyak goreng dan ampasnya kembali djemur dan menjadi Pliek U. Bahannya beragam mulai dari daun dan buah melinjo muda, pepaya muda, nangka muda, daun singkong, dan lain-lain. Kuliner ini menjadi hidangan mengenyangkan jika disantap sebagai menu buka puasa.

Bubur Memek

Bubur Memek via Instagram @dedekparta

Bubur Memek adalah kuliner khas Aceh yang sudah ada sejak zaman kerajaan. Sekarang ini sudah menjadi jamuan wajib kalau ada tamu pemerintahan atau orang penting yang datang ke Pulau Simeulue. Tapi untuk bisa mencicipi bubur ini, hanya dapat ditemukan di acara penting seperti hajatan dan saat bulan puasa saja. Di bulan puasa, kuliner ini menjadi sajian takjil yang banyak diburu oleh warga Aceh.

Itulah kuliner favorit para raja yang cocok disantap jadi menu buka puasa. Bagaimana, tertarik untuk mencicipnya juga?

Tags
Kuliner favorit raja kuliner Indonesia Kuliner Ramadan Menu Buka Puasa
Share