6 Kuliner Favorit BJ Habibie, Ini Rahasia Cerdasnya

Advertisement

Kabar kepergian BJ Habibie hingga saat ini masih membekas di hati para rakyat Indonesia. Hal ini karena beliau merupakan mantan presiden yang selalu menjadi panutan. Dikenal mempunyai kecerdasan di atas rata-rata, ternyata kuliner favorit BJ Habibie ini diketahui sangat lezat dan populer.

Pallu Mara

Pallu Mara via Instagram/@hanhanny

Salah satu kuliner yang paling disukai BJ Habibie adalah olahan ikan. Olahan tersebut meliputi ikan yang digoreng, bakar, hingga diolah menjadi sup. Bahkan sang istri juga rela belajar memasak ikan demi beliau. Salah satu sup ikan khas Sulawesi Selatan, asal daerah BJ Habibie adalah Pallu Mara.

Pallu Mara merupakan olahan ikan kakap merah dengan kuah bumbu kunyit yang kental. Saat disantap rasanya begitu gurih dan segar, apalagi jika ditemani nasi putih. Ikan memang dikenal memiliki protein dan omega yang tinggi, manfaatnya pun bisa membuat fungsi otak meningkat.

Barongko

Barongko via Instagram/@_dewiarief

Barongko merupakan kuliner khas Makassar yang berbahan dasar pisang. Penganan ini terbuat dari pisang kepok yang telah dihaluskan yang dicampur dengan adonan santan, telur, dan gula. Setelah tercampur rata, adonan ini nantinya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Teksturnya lembut dan rasanya yang manis cocok untuk dihidangkan saat suhu dingin. Makanan ini pun mudah ditemui di pasar tradisional maupun upacara adat.

Buras

Buras via Instagram/@hanhanny

Buras merupakan salah satu kuliner Makassar yang penampakannya mirip seperti lontong atau ketupat. Namun bedanya hanya bentuknya yang lebih pipih dan rasanya yang gurih karena dimasak dengan santan.

Biasanya buras menjadi pelengkap makanan lain seperti Pallubasa, Sop Konro, Coto Makassar, dan opor ayam. Rasanya yang gurih dan dibungkus dengan daun pisang akan menambah nafsu makan siapapun yang mencobanya.

Putu Cangkir

Kuliner Favorit BJ Habibie
Putu Cangkir via Instagram/@hanhanny

Kuliner manis lain yang disukai BJ Habibie adalah putu cangkir. Putu cangkir terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan ketan yang ditumbuk. Alasan disebut putu cangkir adalah karena bentuknya menyerupai sebuah cangkir yang terbalik. Rasanya yang manis sangat wajar disukai banyak orang termasuk BJ Habibie.

Sate Maranggi

Kuliner Favorit BJ Habibie
Sate Maranggi via Instagram/@satemaranggihajiyettycibungur

Berbeda dengan kuliner sebelumnya yang berasal dari Sulawesi Selatan, kali ini ada yang asli Purwakarta. Kuliner berikut ini adalah Sate Maranggi. Sate Maranggi merupakan salah satu kuliner kaki lima terbaik dunia menurut World Street Food Congress pada 2016.

Sate Maranggi berupa kuliner berbahan daging sapi yang direndam bumbu lalu dibakar. Saat mencoba menggigitnya akan terasa aroma bawang putih yang cukup kuat. Apalagi rasanya semakin nikmat dengan bumbu ketumbar dan merica yang meresap.

Pallubutung

Kuliner Favorit BJ Habibie
Pallubutung via Instagram/@myhana_kitchen

Siapa sih yang tak tergiur melihat es satu ini? Es pisang ini memang sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang panas-panasnya. Pallubutung berisikan pisang rebus yang disajikan bersama fla yang terbuat dari santan, tepung beras, dan daun pandan. Selain itu, jangan lupa ada tambahan sirup dan serutan es yang membuatnya semakin segar.

Tak hanya dingin, Pallubutung juga bisa dinikmati saat hangat. Pisang raja yang dipadukan dengan bubur sumsum hangat memang menjadi kelezatan tersendiri bagi para pecinta kuliner manis.

Itu dia kuliner favorit BJ Habibie yang wajib dicoba. Tak hanya dalam akademis, BJ Habibie juga pintar dalam memilih kuliner favoritnya. Jadi kuliner mana yang mau kamu coba duluan?

Advertisement
Tags
BJ habibie kuliner Kuliner Favorit BJ Habibie
Share