Bikin Bangga, 5 Kebudayaan Indonesia Ini Ternyata Terkenal Sampai Luar Negeri

Advertisement

Indonesia mempunyai ragam budaya yang begitu mengagumkan dan menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan asing. Kebudayaan asli Indonesia tak jarang begitu dicintai oleh turis luar negeri, hingga kemudian tertarik belajar dan menyebarkannya di negara asal. Selain itu, pemerintah kita juga terus aktif menggelar berbagai aktivitas untuk mempromosikan budaya Indonesia ke seluruh dunia. Alhasil, beberapa warisan leluhur Nusantara pun kini sudah memiliki reputasi global yang membanggakan. Berikut TravelingYuk sajikan daftar lima kebudayaan asli Indonesia yang sudah terkenal hingga ke luar negeri.

1. Keris

Barisan keris tertata rapi via Youtube, warnapictures

Pada 25 November 2015 silam, UNESCO mengakui keris sebagai ‘Masterpiece of the Oral dan Intangible Heritage of Humanity’. Keris sendiri merupakan senjata tradisional khas Indonesia, yang juga sering diasosiasikan dengan kekuatan mistis. Bahan untuk membuat keris tidak sembarangan. Menurut beberapa sumber, senjata tajam yang sudah digunakan sejak Abad ke-9 ini ada yang mengandung titanium dan juga menggunakan bahan logam dari meteorit. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak soal keris, bisa mengunjungi Museum Keris yang ada di Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini baru diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Agustus 2017 silam.

2. Angklung

Turis asing mainkan angklung di Saung Mang Udjo, via Instagram angklungudjo

Lagi-lagi kebudayaan Indonesia mendapat pengakuan dari UNESCO. Pada 19 Januari 2011, angklung dinobatkan sebagai salah satu bagian dari World Heritage. Pemerintah Indonesia pun mendapatkan sertifikat khusus untuk itu. Hal tersebut perlahan membuat popularitas angklung kian meningkat. Alat musik khas Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digoyang ini sempat diberitakan mulai diajarkan pada anak-anak di Korea Selatan, Jepang, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, tempat pertunjukan angklung yang cukup terkenal ada di Saung Angklung Udjo. Letaknya ada di Bandung, tepatnya di Jalan Padasuka, Pasirlayung, Cibeunying Kidul.

3. Wayang

Turis asing belajar membuat wayang di Desa Kepuhsari via Instagram desawisatakepuhsari

Seni wayang sudah mulai dimasukkan UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya dunia sejak 2003. Para wisatawan luar negeri pun banyak yang tertarik mempelajari dunia wayang selama mereka berkunjung ke Indonesia. Pemerintahan Indonesia pun tak henti-hentinya berupaya keras mempromosikan wayang ke luar negeri. KBRI di Canberra, Australia misalnya, hampir rutin menggelar pertunjukan wayang tiap tahunnya dan selalu mendapatkan sambutan hangat dari warga Negeri Kanguru.

4. Batik

Wisatawan asing tengah belajar membatik via Instagram Nirvanabatik

Warga Indonesia dibuat sumringah pada Oktober 2009 silam. UNESCO secara resmi mengakui batik sebagai bagian dari daftar Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Hal tersebut membuat popularitas batik menjadi semakin terangkat. Pemerintah pun semakat menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Batik pun kini menjadi salah satu suvenir populer bagi para wisatawan asing. Bahkan Presiden Jokowi pun sempat mengajak Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, untuk berbelanja batik di Bogor Trade Mall pada November 2017 lalu.

5. Gamelan

Seorang turis asing mainkan gamelan Bali, via Instagram Citradhi

Gamelan boleh jadi semakin tidak populer di kalangan muda-mudi Indonesia, namun tidak demikian halnya di luar negeri. Minat terhadap alat musik tradisional khas Jawa dan Bali ini justru lebih besar di luar wilayah Nusantara. Di New Zealand School of Music misalnya, gamelan sudah dijadikan sebagai bagian dari kurikulum tetap. Sementara di Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura, sudah mulai ada beberapa institusi pendidikan yang mengajarkan dasar-dasar gamelan pada siswanya, meski tak dijadikan kurikulum khusus.

Museum Musik Nasional yang ada di Vermillion, South Dakota, Amerika Serikat, bahkan memajang satu set gamelan di salah satu sudut ruang pamernya. Alat musik tradisional itu bersanding rapi dengan alat musik khas Indonesia lain seperti rebana dan suling.

Ternyata kebudayaan Indonesia benar-benar mengagumkan ya? Setelah membaca ulasan di atas, tentunya tidak ada lagi alasan bagi kalian untuk tidak bangga dengan negeri kita sendiri.

Advertisement
Tags
Bali budaya indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Nusa Tenggara Timur Wisata Budaya
Share