Kuliner di Tanjung Selor Kaltara, Nikmat Tiada Tara

Tanjung Selor merupakan pusat pemerintahan dari Kalimantan Utara dan Kabupaten Bulungan. Kota ini memiliki sejarah perdagangan yang panjang. Interaksi yang terjadi dalam perdagangan tentunya menambah kekayaan tradisi kuliner , sehingga kota ini juga terkenal sebagai surganya kuliner di Kalimantan Utara. Ada apa saja ya kuliner di Tanjung Selor yang ditawarkan? Yuk kita ikuti ulasannya seperti berikut.

Olahan Kerang Tudai

Olahan kerang tudai, via Instagram/hanhanny
Olahan kerang tudai, via Instagram/hanhanny

Pertama ada olahan kerang tudai yang banyak ditemukan di Tanjung Selor. Kerang ini memiliki ciri-ciri daging yang tebal dengan cangkang kehitaman dan jingga, banyak sekali ditemukan di daerah Bulungan. Jenis ini banyak diolah menjadi sambal goreng ataupun direbus. Biasanya, olahan kerang tudai ini dijadikan hidangan dalam pesta adat ataupun juga perayaan pernikahan.

Nasi Subut

Nasi subut, via Instagram/dapoer_aunty_nelly
Nasi subut, via Instagram/dapoer_aunty_nelly

Kuliner di Tanjung Selor selanjutnya ada yang namanya nasi subut. Tampilan kuliner khas Tanjung Selor ini begitu menggoda. Nasinya berwarna keunguan yang berasal daripercampuran pigmen ubi ungu yang menjadi ciri khas tak terpisahkan dari sajian ini. Ada juga bulir jagung di dalamnya. Plus bumbu-bumbu yang dicampur untuk memperkaya rasa. Biasanya nasi subut ini dinikmati bersama lalapan. Tidak sekedar mengenyangkan, rasanya sungguh nyaman dan menyenangkan.

Ikan Asin Rica

Ikan asin rica, via Instagram/dapur_sembarang
Ikan asin rica, via Instagram/dapur_sembarang

Tak boleh ketinggalan ada ikan asin rica yang menggoda dengan citarasa dominan pedas dan asin. Sebagai informasi nih, ikan asin merupakan salah satu produk unggulan dari Kalimantan Utara, khususnya Tarakan. Dan ini awalnya merupakan makanan yang awalnya dari suku Tidung. Paling enak disantap dengan sayur singkong dan nasi panas. Rasanya enak, bisa banget jadi pilihan saat jalan ke Tanjung Selor dan sekitarnya.

Sate Ikan Pari

Sate ikan pari, via Instagram/ayu.p.ariani.9
Sate ikan pari, via Instagram/ayu.p.ariani.9

Tanjung Selor juga terkenal dengan sate ikan pari yang rasanya lembt namun penuh kejut. Mungkin karena rempah-rempah rahasia yang digunakan untuk membumbuinya. Tambahan madu dan kecap manis juga bikin rasanya makin enak. Saat dibakar, kecap manis dan madu ini akan mengikat seluruh rasa yang ada, menghasilkan sensasi legit yang bikin ketagihan.

Jika traveling ke Tanjung Selor jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya ya. Jalan-jalan makin senang dan perutpun kenyang. Bagaimana, kapan akan jalan-jalan ke Tanjung Selor?

Tags
Indonesia kuliner di Tanjung Selor Tanjung selor
Share