Jelajah Kuliner Enak di Sampang Madura, Rasanya Bikin Lidah Bergoyang

Liburan ke Madura tidak hanya jelajah pulau atau pantai eksotisnya. Berburu kuliner enak dan nendang juga bisa agenda yang menyenangkan. Apalagi jika ditemani dengan sahabat dekat atau keluarga tersayang. Nah, apa saja menu yang bisa dicoba? Berikut rekomendasi kuliner di Sampang yang rasanya bikin lidah terus bergoyang.

1. Bebek Songkem

Bebek Songkem Madura
Bebek Songkem Madura via instagram/@yoanda92

Bebek sinjay bukanlah satu-satunya kuliner khas Madura. Namun, ada menu lain yang menjadi makanan khas Sampang yang berbahan bebek. Apalagi kalau bukan bebek songkem. Menu ini terbuat dari bebek yang dimasak dengan cara dilumuri bumbu rempah. Kemudian, daging tersebut dikukus dengan daun pisang selama 3 jam. Hasilnya pun sempurna, dengan kematangan merata serta rasa yang nendang di lidah.

2. Sate Sampang

Ilustrasi sate sampang
Ilustrasi sate sampang via instagram/@dqnds

Sate Madura memang terkenal hingga penjuru negeri. Namun, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi sate asli dari kotanya, yaitu Sate Sampang. Makanan spesial ini tak jauh beda dengan sate pada umumnya. Bahannya juga menggunakan daging ayam atau kambing yang dipotong kecil dan kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Tak lupa ditaburi bumbu rempah-rempah agar rasanya makin sempurna sebelum dibakar. Nah, salah satu yang bisa dicoba adalah Depot Sate Mufakat di Jalan K. Hasyim Azhari No.25.

3. Kaldu Sumsum

Kaldu sumsum Al Ghozali
Kaldu sumsum Al Ghozali via instagram/@mareretha

Suka makanan berkuah? Kaldu sumsum bisa jadi rekomendasi saat liburan ke Sampang. Menu istimewa ini biasa terdiri dari tulang sum-sum, tempurung tulang sapi dan potongan daging sapi. Sum-sum yang ada di bagian tersembunyi bikin ngiler. Sementara kuahnya juga tak kalah nendang karena dimasak menggunakan bumbu lengkap. Salah satu tempat yang menawarkan kaldu sumsum adalah Depot Al-Ghozali. Letaknya di Jalan Diponegoro 34-A, Sampang.

4. Nasi Kobel

Nasi Kobel Sampang
Nasi Kobel Sampang via instagram/@yumamam

Kuliner di Sampang berikutnya yang pasti bikin ngiler adalah Nasi Kobel. Sebenarnya menu ini merupakan bekal untuk nelayan yang pergi melaut. Makanan ini sangat mudah ditemukan di daerah pesisir Sampang dan jalan menuju Pamekasan. Isiannya sangat sederhana, berupa nasi putih, ikan laut, parutan kelapa, dan sambal spesial bernama Buje Chabibih. Sambal ini hanya terdiri dari garam dan cabai yang diulek. Nah, bekal istimewa ini dibungkus menggunakan daun pisang.

Itulah empat kuliner di Sampang yang rasanya bikin lidah terus bergoyang. Bagaimana, sudah siap untuk jelajah kuliner enak di Madura?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner madura Kuliner Sampang Madura Sampang
Share