4 Kuliner di Pasar Klewer Solo, Menu Istimewa yang Wajib Dicoba

Liburan ke Solo terasa kurang jika belum jelajah pasar tradisionalnya. Selain Pasar Gede, Klewer juga tak boleh terlewatkan. Apalagi ketika berbicara kuliner enak dan nendang yang ditawarkan. Harganya juga murah meriah dan tak bikin dompet langsung kempes. Penasaran apa saja kuliner di Pasar Klewer Solo yang wajib dicicipi? Berikut rangkumannya.

1. Bakso Klewer Prawiroredjo

Bakso Prawiroredjo
Bakso Prawiroredjo via instagram/@widhaintan

Bicara kuliner di Pasar Klewer, terasa kurang jika belum memasukkan bakso di dalamnya. Salah satu kedai yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah Bakso Klewer Prawiroredjo. Warung makan milik almarhum Pak Prawiroredjo ini, kini dikelola oleh generasi ketiganya. Tak beda jauh dari pertama buka, seporsinya terdiri bihun, tahu, pangsit goreng, babat, potongan daging sapi, serta bola daging halus tanpa serat. Satu mangkuknya juga ditambah sayuran sawi segar. Menunya nendang banget, apalagi kuah kaldu yang dimasak dengan sempurna.

2. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Klewer Ibu Edi
Tengkleng Klewer Ibu Edi via instagram/@widjonoahmad

Selain Bakso Klewer, Teman Traveler juga bisa menikmati tengkleng istimewa di pasar tradisional ini. Namanya Tengkleng Bu Edi yang cukup legendaris di Solo. Soal rasa dari menu ini tak perlu diragukan lagi. Apalagi disajikan hangat di atas pincukan daun pisang. Aromanya wangi dan bikin nagih. Sementara tekstur dari makanan enak ini juga empuk banget. Dagingnya dengan mudah dipotong dari tulang. Ngiler kan melihat fotonya?

3. Es Dawet Selasih

Dawet Selasih
Dawet Selasih via instagram/@ak3ru

Tidak hanya di Pasar Gede, Klewer juga punya es dawet yang tak kalah lezat. Namanya memang tak begitu populer, tapi rasa istimewa dari minuman gerobak ini segar banget. Minuman dengan aneka isi yang menyegarkan ini sendiri dijual dengan harga murah meriah. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp4.500 per porsi. Cocok banget untuk dijadikan pelepas dahaga usai menikmati tengkleng atau bakso. Setuju kan?

4. Selat Solo Bu Sasmito

Selat Solo
Selat Solo via instagram/@soloinfo

Liburan ke kampung halaman Presiden Joko Widodo memang paling asyik menikmati makanan khasnya. Selain tengkleng, selat solo tak boleh lepas dari pandangan. Di Pasar Klewer, ada juga yang menjual menu ini. Salah satunya Warung Bu Sasmito yang terletak di lantai empat. Hingga artikel ini ditulis, harganya Rp15.000 per porsi. Itu pun sudah porsi banyak dan mengenyangkan perut. Teman Traveler bakalan puas setelah mencobanya.

Itulah empat kuliner di Pasar Klewer yang bisa jadi rekomendasi ketika liburan ke Solo. Bagaimana, kapan nih jelajah makanan enak di kota ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share