4 Kuliner Istimewa di Pandaan, Tak Jauh dari Taman Safari Prigen Pasuruan

Pasuruan merupakan salah satu kota yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Apalagi ketika berhubungan dengan kuliner. Bukan di pusat kotanya, kamu dapat menemukan makanan istimewa di sekitar Taman Safari II, Prigen. Tepatnya di kawasan Pandaan yang dilewati rute jalan Surabaya-Malang. Penasaran apa saja kuliner di Pandaan kan? Intip selengkapnya yuk!

1. Bakso Pak Kumis

Bakso Pak Kumis di Pandaan
Bakso Pak Kumis di Pandaan via instagram/@amazingindonesiafood

Setiap daerah pasti ada warung bakso yang laris manis dan difavoritkan, termasuk Pandaan. Di kawasan ini, Bakso Pak Kumis menjadi salah satu yang tersohor karena kelezatannya. Saking terkenalnya, pembeli harus antre apalagi saat baru buka. Seporsinya terdiri dari bakso kasar, bakso halus, tahu,gorengan, soun dan potongan sawi. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya hanya Rp10.000. Kamu yang penasaran? warung Bakso Pak Kumis ini berada di Jalan Juanda No. 41 Pandaan.

Bakso Pak Kumis
Bakso Pak Kumis via instagram/@surabayafoodies

2. Depot Murni

Depot Murni Pasuruan
Depot Murni Pasuruan via instagram/@surabayafoodies

Secara administratif, Depot Murni terletak di Jalan Raya Prigen No. 10, Jawi, Candi Wates, Prigen. Namun, lokasi ini tidak jauh dari Pandaan. Bahkan, kamu hanya butuh waktu belasan menit dari terminal Pandaan untuk sampai di rumah makan ini. Menu spesial yang ditawarkan di sini adalah ayam goreng dengan tambahan sambal terasi super pedas. Tektur ayamnya empuk dengan bumbu yang meresap hingga bagian terdalam. Mantabnya lagi, kamu bisa memesan sayur asam yang rasanya tak kalah nendang di lidah.

Depot Murni
Depot Murni via instagram/@e_ndro

3. Istana Ayam Goreng Sri

Istana Ayam Goreng Sri, Pandaan
Istana Ayam Goreng Sri, Pandaan via instagram/@dickykuliner

Tak jauh dari Depot Murni, Istana Ayam Goreng Sri yang ada di Jalan Dr. Sutomo No. 457, Pandaan juga tak kalah mengundang selera. Menu yang dihidangkan berupa penyetan. Ada ayam, ikan-ikanan, jeroan, hingga tempe tahu. Sambal terasinya juga enak banget dengan dominasi rasa manis dan sedikit encer. Menariknya, ada aneka jajanan enak di sini. Termasuk bakwan weci dan pisang goreng yang bisa jadi cemilan sebelum santap besar.

Istana Ayam Goreng Sri
Istana Ayam Goreng Sri via instagram/@surabayafoodies

4. Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul Pandaan
Kepiting Cak Gundul Pandaan via instagram/@gwan_randy

Liburan ke Taman Safari Indonesia 2 kurang lengkap jika belum mampir ke Kepiting Cak Gundul. Yap, rumah makan dengan menu seafood yang terkenal banget. Letaknya di Jalan Jenderal A Yani No. 604, Pandaan dan punya banyak cabang di beberapa kota. Varian kepiting ini beragam, salah satunya rasa asam manis. Bumbu spesialnya meresap hingga bagian terdalam. Enak banget disantap dengan cah kangkung

Kepiting Cak Gundul
Kepiting Cak Gundul via instagram/@si_chiqaa

Nah, itulah kuliner di Pandaan yang rasanya istimewa. Letaknya tak jauh dari Taman Safari Prigen. Apalagi bagi kamu yang bakal menempuh perjalanan dari Surabaya.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Pasuruan Pandaan Pasuruan
Share