Kuliner di Palangkaraya Berbahan Ikan, Kelezatan yang Super Sehat

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
kuliner di Palangkaraya kuliner di Palangkaraya

Nama Palangkaraya belakangan jadi sorotan. Tidak hanya tentang bermunculannya berbagai wisata baru, kawasan ini juga masuk ke dalam salah satu kandidat ibu kota baru Indonesia. Keindahan tempat wisata di Palangkaraya sangat menarik untuk dikunjungi, lho. Sebut saja ada Taman Nasional Sebangau, Museum Balanga, dan lain-lain. Tak hanya itu, Kuliner di Palangkaraya juga perlu dicoba.

Palangkaraya selama ini terkenal dengan berbagai hasil laut dan ikannya. Nah, kali ini Travelingyuk sudah mengumpulkan deretan kuliner di Palangkaraya berbahan dasar ikan. Tidak hanya enak, tapi juga penuh nutrisi dan disarankan Ibu Susi Pudji Astutik. Inilah daftarnya ya.

Wadi Patin

Wadi Patin, via Instagram/busu_cantik
Wadi Patin, via Instagram/busu_cantik

Wadi Patin meurpakan kuliner khas Palangkaraya yang rasanya unik, asam sedikit asin. Setelah melalui serangakain proses, ikan yang sudah menjadi wadi ini akan tahan selama berbulan-bulan.

Pengolahan ikan yang difermentasi menjadi wadin ini memang ditujukan untuk pasokan pangan. Wadi patin banyak ditemukan di berbagai daerah di Palangkaraya ya, jadi jangan lupa mencobanya.

Olahan Ikan Jelawat

Olahan ikan jelawat, via Instagram/filicialumanto
Olahan ikan jelawat, via Instagram/filicialumanto

Kuliner di Palangkaraya berbahan ikan selanjutnya adalah dari ikan jelawat. Mungkin kamu asing dengan ikan jenis ini karena memang hanya ada di kawasan Kalimantan. Bahkan saking endemiknya, ikan ini dibuatkan Monumen di Sungai Mentaya. Ikan ini bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng, dikukus atatu cara lainnya. Penasaran dengan rasa ikan ini? Jangan lupa cicipi!

Saluang

Saluang, via Instagram/antung_asyiah015
Saluang, via Instagram/antung_asyiah015

Olahan lainnya adalah saluang, yakni ikan teri air tawar yang sekilas wujudnya menyerupai wader. Ikan ini biasanya diolah dengan cara digoreng sampai garing, kemudian dinikmati dengan sambal.

Sebelum digoreng, biasanya dibumbui dengan bawang putih dan garam. Rasanya gurih, renyah dan bikin ketagihan. Dipadu dengan nasi hangat juga makin mantap.

Telur Ikan Masak Kuning

Telur ikan bumbu kuning, via Instagram/the.fooddoctor
Telur ikan bumbu kuning, via Instagram/the.fooddoctor

Ada satu hal lagi yang unik dari Palangkaraya dan sayang sekali untuk dilewatkan, adalah telur ikan masak kuning. Telur ikan segar dimasak dengan menggunakan bumbu kuning sehingga teksturnya akan kenyal. Citarasanya adalah manis dan gurih, unik sekali. Ini merupakan salah satu yang cukup langka ya, jadi jangan lupa untuk mencoba jika jalan-jalan ke Palangkaraya.

Jika datang ke suatu daerah jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khasnya ya. Seperti halnya Palangkaraya yang banyak memberikan hasil laut, kamu juga perlu cicip-cicip. Supaya jalan-jalan makin lengkap saja.