4 Wisata Alam Palangkaraya, Liburan Sehabis Isen Mulang

Palangkaraya yang sempat digadang-gadang bakal menjadi calon ibu kota Indonesia, kini sedang dibicarakan kembali. Pasalnya, kota di Kalimantan Tengah ini sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan sebuah festival bernama Isen Mulang. Di mana acara ini akan menampilkan beberapa tarian dari Suku Dayak dan juga sejumlah kompetisi yang bisa diikuti oleh siapapun. Nah, bagi kalian yang ingin mengikuti lomba atau sekedar melihat-lihat festival di tanggal 17 sampai 24 Juni 2019 ini, jangan lupa mampir ke tempat wisata alam indah di Palangkaraya seperti berikut.

Taman Nasional Sebangau

wisata alam palangkaraya
Taman Nasional Sebangau via instagram/ pesona_jenamas

Tempat pertama yang tidak boleh teman traveler lewatkan adalah Taman Nasional Sebangau. Di sana bukan padang rumput seperti taman nasional lainnya lho. Tempat tersebut berbentuk rawa yang berada di atas lahan gambut. Supaya nuansa alamnya lebih terasa, kalian disarankan menyewa perahu guna menyusuri taman nasional tersebut.

Kepala Balai Taman Nasional Sebangau (TN Sebangau), Anggodo menyebutkan, kegiatan ekowisata di rawa gambut Sebangau yang dikelola oleh masyarakat, merupakan dukungan dari Pemerintah Palangkaraya, Pemerintah Kalimantan Tengah, dan Balai TN Sebangau.

Danau Tahai

wisata alam palangkaraya
Danau Tahai via instagram/ vividwisanti

Objek wisata unggulan yang tak kalah menarik yaitu Danau Tahai. Tahai sendiri berasal dari Bahasa Dayak yang artinya danau. Banyak yang mengatakan jika asal Danau Tahai ini terbentuk karena perubahan aliran Sungai Kahayan sehingga mengakibatkan genangan air dan terperangkap disini.

Yang menarik dari Danau Tahai ini adalah warna airnya tidak bewarna putih, biru dan hitam, namun merah. Warna merah pada air Danau Tahai terbentuk karena berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon di lahan gambut tersebut. Di sekitar Danau Tahai juga sudah dibangun rumah-rumah terapung yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan rumah lanting. Rumahnya sangat unik dan sangat tradisional sehingga selain dijadikan untuk beristirahat juga sebagai latar spot foto.

Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran via instagram/ tectonaeka

Teman traveler juga tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi Pantai Ujung Pandaran. Pasalnya, pantai ini sudah terkenal di mana-mana dan paling banyak didatangi oleh para wisatawan. Disebabkan pasir putihnya yang lembut dan memiliki garis pantai yang sangat panjang. Jika dilihat dari kejauhan pantai ini seperti memiliki pagar berupa pepohonan nyiur yang tertata rapi di sepanjang tepi garis pantai.

Selain itu, pantai ini juga memanjakan wisatawan dengan beragam wahana. Seperti banana atau donut but untuk permainan kelompok. Sedangkan untuk individu, ada jet ski juga kok.

Sungai Kahayan


Sungai Kahayan via instagram/ fathoucha

Jangan pesimis dulu melihat namanya yang hanya berupa sungai. Pasalnya sungai ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya bisa ditelusuri dengan menggunakan kapal berukuran sedang. Biasanya, para warga setempat menyebutnya wisata susur sungai. Dan kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan apik seperti air jernih, pohon-pohon rimbun serta pemukiman rumah apung.

Pada perjalanan wisata tersebut, teman traveler akan ditawari beberapa tempat wisata. Namun, sebaiknya kalian memilih Pulau Kaja yang merupakan tempat konservasi orang utan bernama Nyaru Menteng. Di area wisata ini biasanya peserta susur sungai diperbolehkan masuk dengan waktu yang telah ditentukan. Di dalam Nyaru Menteng kalian bisa melihat berbagai macam binatang khas Kalimantan seperti Macaca Fascicularis yaitu monyet abu-abu ekor panjang, uwa-uwa, lutong, biawak dan juga bekantan.

Itulah wisata yang bisa teman traveler datangi ketika ingin mengunjungi Festival Isen Mulang. Kan lumayan, kalian bisa liburan ke beberapa tempat. Istilahnya sih sambil menyelam, minum air.

Tags
Indonesia Kalimantan Tengah Palangkaraya Wisata wisata alam palangkaraya
Share