Kuliner di Karimunjawa, Mengisi Perut Setelah Menjelajah Wisata Alamnya

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Karimunjawa, kepulauan dengan beberapa gugusan pulau, terletak kurang lebih 83 kilometer dari Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal akan panorama objek wisata alam yang elok dan menarik pelancong untuk singgah. Deretan akomodasi di area ini pun tersedia dengan range harga luas, memudahkan wisatawan yang ingin bermalam sesuai kebutuhan. Pastikan Teman Traveler tak ketinggalan mencicipi kuliner di Karimunjawa yang begitu sedap. Apa saja yang harus dicoba?

Bakso Ikan Ekor Kuning

Bakso Ikan Ekor Kuning via Instagram @gayuhedi
Bakso Ikan Ekor Kuning via Instagram @gayuhedi

Kalau biasanya sudah familiar dengan bakso berbahan dasar daging sapi, maka Karimunjawa menawarkan varian bakso ikan ekor kuning. Bakso berwarna putih ini memiliki tekstur kenyal dan agak kasar tapi tetap mudah dikunyah. Bakso ikan ekor kuning memiliki citarasa gurih, apalagi dengan tambahan kuah kaldu yang semakin menambah rasa sedap. Penganan ini biasanya dalam satu mangkok berisi 7 bakso, ditambah mie kuning dengan taburan bawang goreng.

Pindang Serani

Pindang Serani via Instagram @buzzerbeezz
Pindang Serani via Instagram @buzzerbeezz

Jika mendengar pindang mungkin akan terpikirkan cara mengawetkan ikan dengan cara digarami kemudian direbus atau diasap hingga kering. Namun kuliner di Karimunjawa yang disebut pindang seruni ini berupa sup ikan laut ini biasanya menggunakan ikan bandeng, kerapu, dan lainnya. Penganan dengan cita rasa perpaduan asam, manis, dan pedas ini dimasak dengan rempah-rempah diantaranya salam, jahe, sereh, cabai, dan lainnya. Ketika makan pindang serani akan terasa sensasi segar karena juga diberi bumbu yang menyegarkan seperti belimbing wuluh dan daun kemangi.

Ikan Bakar Bumbu Srepeh

Ikan Bakar Bumbu Srepeh via Instagram @muchamad_rizki_raharjo
Ikan Bakar Bumbu Srepeh via Instagram @muchamad_rizki_raharjo

Nah ini kuliner di Karimunjawa yang rasa-rasanya tidak boleh dilewatkan ketika berada di kawasan pesisir. Ikan bakar! Dengan melimpahnya hasil ikan laut segar, akan terasa lebih sedap kalau langsung dibakar dan dinikmati di tempat. Biasanya disediakan ikan kakatua, badong, kerapu, kakap, dan lainnya serta ada cumi juga. Tidak memerlukan bumbu yang rumit, setelah ikan segar dicuci bersih, hanya diolesi minyak goreng secukupnya barulah dibakar. Sehingga daging ikan bisa lebih terasa, tidak tertutup rasa bumbu.

Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk via Instagram @nanakusbiana
Lontong Krubyuk via Instagram @nanakusbiana

Kuliner di Karimunjawa identik dengan seafood, namun penganan satu ini tidak kalah sedap dengan yang lain. Lontong krubyuk, makanan berkuah ini berisi lontong yang telah dipotong-potong ditambah suwiran semur kering ayam, disiram kuah bakso lalu diberi taburan taoge dan bawang goreng dan diberi sedikit kecap. Tidak susah mendapatkan lontong krubyuk kalau sudah berada di Karimunjawa, karena warung-warung di area ini hampir semua menjual kuliner ini.

Kuliner di Karimunjawa yang telah diulas di atas bisa Teman Traveler temukan di warung-warung yang ada di kawasan alun-alun. Siapkan saja budget minimal Rp20 ribu untuk dapat menikmati salah satu makanan di atas. Adakah Teman Traveler yang sudah pernah cicip salah satunya?