Catat Nih, 5 Destinasi Indah Karimunjawa yang Pantang Dilewatkan

Bicara soal wisata, terutama pantai dan perairan, Indonesia memang salah satu jagonya. Namun tidak melulu di Bali, ada banyak tempat di seantero Nusantara yang punya pesona bahari tak kalah memukau. Oleh karena itu, tak ada salahnya menyimak sejumlah rekomendasi destinasi indah Karimunjawa sebelum menentukan rencana liburan.

Karimunjawa pada dasarnya merupakan kepulauan yang terletak 83 kilometer dari Jepara, Jawa Tengah. Total ada sekitar 27 pulau di kawasan ini, semuanya punya daya tarik yang khas. Penasaran? Berikut adalah daftar lengkap lima destinasi indah Karimunjawa yang pantang dilewatkan.

1. Pulau Menjangan Besar dan Kecil

Pulau Menjangan Kecil
Pulau Menjangan Kecil via Instagram anisamalia

Tertarik untuk menyaksikan hiu-hiu berenang dengan bebas di perairan terbuka? Maka kamu wajib datang ke Pulau Menjangan Besar. Kamu bahkan boleh berenang bersama hiu tersebut jika mau. Jangan khawatir, karena semua hiu tersebut jinak dan bersahabat.

Sementara bagi yang tertarik untuk menyaksikan keindahan biota bawah laut di Kepulauan Karimunjawa, langsung saja menuju Pulau Menjangan Kecil. Perairan di sini begitu jernih dan indah, sempurna bagi para penghobi snorkeling.

Kamu bisa menikmati indahnya kehidupan bawah laut dan juga berbagai terumbu karang indah. Menemukan Clown Fish seperti di film Finding Nemo bukan hal yang sulit di sini.

2. Pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil

Pemandangan di Pulau Cemara Kecil
Pemandangan di Pulau Cemara Kecil via Instagram jeparahariini

Tempat ini pas sekali bagi kamu yang ingin bersantai sembari menikmati suasana tenang di pesisir pantai. Pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil menawarkan hamparan pasir putih yang indah plus pantai dengan pemandangan menawan.

Sama seperti namanya, kamu bisa menemui banyak pohon cemara di kawasan ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto-foto di sini dan membuat semua teman di Instagram iri akan keindahan Karimunjawa.

3. Pulau Gelam

Senja di Pulau Gelam
Senja di Pulau Gelam via Instagram septinaa

Pulau Gelam menawarkan spot yang pas bagi kamu yang ingin sekedar berjemur di tepi perairan maupun menikmati angin sepoi-sepo khas daerah pesisir. Suasana di sini amat syahdu, pas sekali untuk para traveler yang ingin rileks sembari mencari ketenangan.

Sama seperti Pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil, kamu akan disajikan pemandangan indah berupa hamparan pasir pantai putih. Selain itu, perairan di sini juga termasuk unik karena berwarna biru kehijauan.

4. Bukit Love dan Bukit Gajah

Pemandangan dari atas Bukit Annora
Pemandangan dari atas Bukit Annora via Instagram ervita_vieta

Tak hanya terkenal dengan perairannya dan pantainya yang indah, Kepulauan Karimun Jawa juga punya beberapa kawasan perbukitan yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya Bukit Love dan Bukit Annora.

Seperti namanya, Bukit Love memiliki monumen besar dengan tulisan Love di puncaknya. Cocok sekali buat kamu yang ingin menambah foto unik nan berkesan di Instagram. Namun selain itu, ada gardu pandang khusus yang bisa kamu gunakan untuk menikmati pemandangan laut plus menanti indahnya suasana kala matahari terbit maupun terbenam.

Sementara itu, Bukit Gajah cocok sekali bagi kamu yang mendambakan atmosfer petualangan. Sebab untuk menuju bukit berketinggian 516 meter ini kamu harus melakukan treking melewati kawasan hutan. Sesampainya di puncak nanti, kamu akan disajikan pemandangan menakjubkan berupa garis pantai dan lautan di kejauhan.

5. Cumibar Restaurant

Restoran Cumibar tawarkan suasana alam
Restoran Cumibar tawarkan suasana alam via Instagram karimunjawaquest_indonesia

Sebenarnya ada beberapa restoran dengan konsep dan lokasi unik di kawasan Kepulauan Karimun Jawa, seperti Eat & Meet dan Amore Cafe. Namun Cumibar Restaurant adalah tempat yang tak boleh kamu lewatkan karena lokasinya yang menawarkan pemandangan langsung ke arah laut.

Tempat yang menyajikan hidangan ala Indonesia dan Eropa ini dibangun dengan konsep tradisional, di mana atapnya dibuat dari dedaunan kering. Selain itu ada juga dermaga khusus yang bisa kamu gunakan untuk bersantai maupun berfoto-foto sesudah menikmati santapan lezat.

Itulah tadi daftar destinasi indah Karimunjawa yang jangan sampai terlewat. Tak hanya terkenal dengan wisata perairannya, kepulauan indah ini ternyata juga punya pesona lain yang tidak kalah menawan.

Tags
karimunjawa Wisata
Share