Kuliner di Italia yang Wajib Dicoba, Yuk Jelajah Rasa!

Italia bukan hanya memiliki banyak sejarah dan keindahan pada arsitektur bangunannya. Negeri romantis satu ini juga kaya akan kulinernya yang dijamin memanjakan lidah siapa saja. Teman Traveler wajib cicipi beragam kuliner Italia ketika berkunjug. Apa saja? Catat, ya.

Pizza

kuliner italia
Pizza asli Italia (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Salah satu kuliner di Italia yang wajib Teman Traveler coba adalah Pizza. Perbedaannya dengan yang ada di Indonesia adalah dari adonannya. Pizza di Italia memiliki lapisan yang lebih tipis, sehingga teksturnya lebih krispi. Kemudian filling-nya juga lebih sederhana karena hanya terdiri dari satu bahan.

Apabila kita memesan cheese, maka filling yang digunakan hanya keju. Begitu pula dengan filling lainnya. Untuk rasanya tak perlu ditanyakan lagi, karena sangat nikmat.

Gelato

kuliner italia
Gelato di cup kerucut (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain Pizza, Italia juga identik dengan Gelato. Kuliner ini merupakan es krim yang berbahan dasar susu, krim, gula dan kemudian diberi beragam varian rasa. Seperti buah, kacang dan varian rasa menarik lainnya.

kuliner italia
Gelato rasa coklat (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Bedanya dengan es krim, gelato mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah. Selain itu, variannya juga lebih beragam. Untuk penyajiannya tidak ada bedanya dengan es krim. Dessert Gelato bisa dihidangkan dengan cup kerucut, gelas atau pendamping di makanan penutup.

Wine

kuliner italia
Wine (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Bagi yang belum tahu, Italia juga populer dengan Wine. Negara satu ini ternyata punya Wine dengan beragam jenis dari daerahnya masing-masing. Salah satu daerah yang terkenal dengan minuman ini adalah Tuscany.

kuliner italia
Wine yang dijual (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Untuk harga Wine dari Italia ini sangat mahal, Teman Traveler. Alasannya karena anggur yang sebagai bahan dasarnya hanya bisa ditanam di Italia. Kemudian Wine tidak bisa dilepaskan dari Italia, karena minuman ini dipakai untuk pendamping makanan supaya menambah kenikmatan pada rasa.

Rissoto

Rissoto (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Italia juga punya hidangan nasi lho, Teman Traveler. Yaitu Rissoto yang cara memasaknya jauh berbeda dengan Indonesia. Beras untuk Rissoto dimasak dengan kaldu sehingga lengket menyerupai krim. Kemudian, kaldu yang digunakan berasal dari daging ikan atau sayuran.

Lasagna

Lasagna (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Terakhir ada Lasagna yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini terbuat dari beberapa pasta lebar dan kemudian ditumpuk hingga menjadi sebuah lapisan. Di antara lapisan, biasanya diisi dengan daging ikan, ayam atau sayuran. Disarankan sebelum mengonsumsi Lasagna, nikmati Salad Sayur terlebih dulu sebagai makanan pembuka.

Nah, itu tadi rekomendasi kuliner di Italia yang wajib dicicipi. Jadi, selain menjelajah tempat wisatanya, Teman Traveler juga bisa mengeksplor kulinernya. Bagaimana, ada kuliner favorit Teman Traveler?

Tags
Italia kontributor kuliner Kuliner Italia Luar negeri
Share