Wisata Kuliner di Hangzhou, Tempat Perhelatan Asian Games 2022

Advertisement

Beberapa waktu lalu pesta penutupan Asian Games 2018 dilangsungkan di Jakarta. Salah satu momen yang patut dikenang adalah saat perwakilan dari Tiongkok menyuguhkan berbagai hiburan sekaligus untuk mengumumkan bahwa Hangzhou, akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022. Pesta olahraga se-Asia itu memang baru akan digelar empat tahun mendatang, tapi tidak ada salahnya untuk menabung dari sekarang agar bisa mendukung atlit Indonesia yang nantinya akan berkompetisi. Teman traveler tidak perlu bingung, ada banyak makanan enak yang bisa dijajal. Berikut adalah beberapa kuliner di Hangzhou yang harus masuk dalam daftarmu..

Beggar’s Chicken

Beggar’s Chicken via Instagram @hungrywombat

Kuliner di Hangzhou satu ini adalah olahan ayam utuh yang memiliki keistimewaan dari proses memasaknya. Satu ayam utuh yang telah dibersihkan dalamnya, dibungkus oleh daun teratai kemudian dilumuri dengan tanah liat. Barulah kemudian dibakar di atas api atau oven khusus. Bagian menyenangkan dari menikmati sajian ini adalah saat membuka bungkusan ayam. Pecinta kuliner bisa menyantap ayam ini dengan tangan, biasanya disediakan sarung tangan plastik.

Sop Ikan dari Danau Qiandao

Sup Ikan Danau Qiandao via Instagram @maotouzi

Teman traveler pecinta ikan bisa menjajal ikan air tawar yang langsung diambil dari Danau Qiandao. Harga ikan ini tergantung pada berat ikan, rata – rata bisa dimakan untuk tiga sampai empat orang saking besarnya. Bila beruntung, Teman Traveler bisa melihat langsung proses memasak di dapur. Rasa khas ikan terasa sedap pada sop satu ini.

Soup Dumplings

Soup Dumpling via Instagram @foodie_nero

Soup dumpling adalah sejenis siomay basah yang berisi kuah bercitarasa gurih. Kuliner di Hangzhou yang satu ini banyak ditemukan di berbagai penjuru di Tiongkok. Soup dumpling dimasak dengan cara dikukus, dan disajikan pada pengunjung di keranjang bambu. Pecinta kuliner bisa menyantap soup dumpling dengan sedikit cuka. Saat menyantap kudapan ini sebaiknya dimakan langsung satu buah, jangan digigit karena kuah di dalamnya bisa tumpah.

Fatty Flatbread

Fatty Flatbread via The Food Ranger

Kuliner di Hangzhou ini merupakan camilan ringan seperti mini pizza yang berisi daging babi, cabai, dan acar. Cara memasak fatty flatbread cukup unik, yaitu adonan roti yang telah diisi lalu dipipihkan ini ditempelkan ke dalam oven tanah liat. Pecinta kuliner bisa menjajal panganan bercitarasa gurih pedas ini sambil berjalan – jalan mengelilingi jalanan di Hangzhou. Bagi Teman Traveler yang muslim, pastikan dulu bertanya pada penjual tentang daging yang digunakan.

Wah, jalan-jalan ke China bisa sambil mencicipi banyak makanan enak, nih. Bagaimana, kuliner di Hangzhou mana dulu nih yang mau dicoba?

Advertisement
Tags
Hangzhou kuliner Kuliner di Hangzhou Luar negeri
Share