Berbubu Kuliner di Blora, Ada Soto yang Renyah Lho, Penasaran?

Blora adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal sebagai salah satu penghasil minyak, tepatnya di kecamatan Cepu. Tak hanya itu, kawasan ini juga memiliki sejumlah wisata alam, seperti Gua Terawang dan Bukit Pencu. Tentu kurang pas kalau tidak sekalian menjajal kuliner di Blora. Lengkap banget, mulai dari soto sampai sate bisa Teman Traveler nikmati di sini. Ada apa saja, ya?

Soto Klethuk

Soto Kletuk via Instagram @diarysivika
Soto Kletuk via Instagram @diarysivika

Kuliner di Blora yang harus Teman Traveler icip adalah soto klethuk. Keistimewaan soto ayam ini terletak pada taburan dari ketela goreng berbentuk dadu kecil-kecil. Ketika dikunyah akan berbunyi klethuk-klethuk, itulah asal muasal nama penganan berkuah ini. Menggunakan kaldu ayam kampung serta rempah-rempah seperti jahe, serai, dan lainnya, membuat kuah soto ini terasa sedap dan nikmat. Biasa dinikmati dengan pendamping lain seperti tempe goreng, perkedel, bakwan jagung, dan lauk lain.

Teman Traveler bisa menjajal soto klethuk di warung Pak Galo, terletak di Jalan Gunung Sindoro. Cukup menyiapkan budget sekitar Rp10 ribuan, sudah bisa menikmati kelezatan seporsi soto klethuk.

Lontong Tahu Telor

Lontong Blora via Instagram @fooddiscoverer
Lontong Tahu Telor Blora via Instagram @fooddiscoverer

Kuliner di Blora ini berbahan dasar tahu putih goreng, dicampur telur dan potongan lontong. Disiram bumbu kacang yang dicampur kecap khas Blora, inilah rahasia kelezatan lontong tahu telor Blora. Lebih nikmat karena ditambah taburan kecambah mentah, bawang goreng, dan irisan daun seledri. Teman Traveler bisa menjajal penganan ini dengan modal sekitar Rp13 ribuan. Salah satunya di warung Mbak Marpuah di dekat alun-alun Blora. Kalau dibawa pulang, biasanya pembungkusnya berupa daun jati.

Sego Kobong

Sego Kobong via Instagram @jakulblora
Sego Kobong via Instagram @jakulblora

Kuliner di Blora selanjutnya yang wajib dicoba adalah sego kobong. Berupa nasi berisi aneka lauk diantaranya adalah ayam, pindang, jamur, udang dan banyak lainnya. Setelah dibungkus daun pisang, campuran nasi dan lauk tersebut dibakar hingga daun mengkerut dan berwarna kehitaman. Sebelumnya lauk telah dimasak menggunakan rempah seperti bawang dan jahe. Aroma harum khas daun pisang menambah syahdu dalam menikmati sego kobong yang biasanya dijual dengan harga Rp4 ribuan ini. Salah satu kedainya adalah Sego Kobong 70 di Jalan Gunung Lawu, Blora.

Sate Blora

Sate Blora via Instagram @irastafir
Sate Blora via Instagram @irastafir

Sate Blora memiliki tiga pilihan daging yaitu ayam, sapi, dan kambing. Kuliner di Blora ini biasanya disajikan dengan nasi yang telah diberi kuah opor berwarna kuning yang ditambah taburan bawang goreng. Keistimewaan sate Blora terletak pada bumbu kacangnya yang telah digiling sangat lembut. Terdapat keunikan ketika menyantap sate Blora di warung, pembeli sebaiknya tidak membuang tusuk sate karena dari situlah penjual mengetahui berapa banyak sate yang dikonsumsi. Sate Blora bisa dinikmati di warung Pak Daman, Jalan Gunung Sindoro.

Cukup beragam kuliner di Blora yang bisa disantap, bukan? Makin seru karena harga terjangkau dan warung-warungnya cukup mudah ditemukan. Teman Traveler sudah pernah icip yang mana nih?

Tags
Blora Indonesia Jawa Tengah kuliner
Share