Kuliner dengan Gula Merah sebagai Bumbu, Manisnya Pas

Pecinta makanan manis, mana nih suaranya? Indonesia dianugerahi kekayaan kuliner dengan beragam rasa, dari pedas hingga yang manis. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah gula merah. Tidak hanya digunakan untuk pembuatan kue, gula merah pun ditambahkan pada lauk dan sayur. Berikut adalah ulasan tentang kuliner dengan gula merah sebagai bumbu. Apa saja, ya?

 

Gudeg

Gudeg via Instagram @catering_wijayakusumasemarang

Sayur khas Jogja yang terbuat dari nangka muda ini memang memiliki citarasa manis. Penggunaan gula merah pada saat proses memasak penganan ini memberikan warna kemerahan pada gudeg dan tentunya rasa manis yang pas. Sekarang terdapat gudeg yang tidak begitu manis bahkan cenderung pedas bagi pecinta kuliner yang tidak begitu suka sayur manis.

Saus Pempek

Cuko Pempek via Instagram @pempektenggiriasli.id

Teman Traveler tentu sudah tidak asing dengan kuliner khas Palembang yang terbuat dari daging ikan, dimakan dengan saus pempek. Biasa disebut cuko pempek karena bahan utamanya cuka yang dicampur gula merah dan asam Jawa. Perpaduan rasa manis gula merah dengan asam cuka dan asam Jawa memang paling pas untuk pendamping pempek.

Kering Tempe

Kering Tempe via Instagram @resepmakidam

Lauk makan berbahan dasar tempe yang dipotong kecil dan tipis-tipis ini menggunakan gula merah sebagai bumbu. Pembuatan kering tempe biasanya juga menggunakan cabai besar. Penggunaan gula merah sebagai penyeimbang rasa pedas cabai, sehingga timbul citarasa manis pedas. Kuliner dengan gula merah yang satu ini bisa juga dijadikan bekal teman makan nasi saat traveling ke luar negeri, lho.

Gulai

Gulai Daging Sapi via Instagram @gulaimasbow

Kuliner dengan gula merah lainnya adalah gulai. Tidak hanya gulai daging kambing dan ayam, ada juga yang menggunakan daging sapi. Kalau rasa gulai daging kambing cenderung gurih dengan aroma khasnya. Dalam beberapa resep, gulai daging sapi menggunakan gula merah sebagai penyedap rasa alami untuk memberikan citarasa yang sedap.

Baceman

Bacem Tempe via Instagram @macembacem

Selain mencoba gudeg, Teman Traveler pasti sudah pernah mencicip baceman yang memang banyak dijajakan di Jogja. Baceman bisa dikatakan sebagai proses memasak, bahan yang hendak dibacem misalnya tahu, tempe, ayam; direbus dengan bumbu yang mengandung gula merah hingga cukup lama. Kuliner dengan gulmerah satu ini memiliki citarasa perpaduan gurih dan manis. Saking enaknya, disantap dengan nasi hangat saja sudah bikin nagih.

Teman Traveler yang doyan dengan makanan manis, jangan lupa untuk cicipi semua Kuliner dengan gula merah di atas. Bagaimana, mana nih yang jadi favoritmu?

Tags
baceman Gudeg Gula Merah Gulai Indonesia kuliner
Share