4 Kuliner Enak Ini Ternyata Terbuat dari Bahan yang Tak Terduga

Advertisement

Kelezatan sebuah makanan tidak hanya dari resepnya. Bahan yang digunakan juga ikut mempengaruhi cita rasanya. Siapa sangka, banyak kuliner Indonesia yang lahir dari bahan tak terduga. Bahkan, kamu bakalan takjub dengan orang terdahulu yang menemukan makanan lezat. Seperti di bawah ini, kuliner dari bahan tak terduga.

1. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah
Ampiang Dadiah via instagram/@tuturwijia

Pernah dengar ampiang dadiah? Makanan ini merupakan kuliner khas Minangkabau yang mulai langka. Hal ini tidak lain karena pembuatnya makin sedikit. Ampiang dadiah sendiri merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi susu kerbau. Teksturnya menyerupai yogurt dan biasanya disajikan bersama dengan emping beras kenta merah. Beberapa orang juga menyantapnya dengan nasi panas dan sambal. Rasanya gurih asam yang nagih.

Seporsi Ampiang Dadiah
Seporsi Ampiang Dadiah via instagram/@lisanastasia

2. Trites

Pagit-pagit
Pagit-pagit via instagram/@nsnkcrb

Beberapa orang menyebut makanan ini dengan Pagit-pagit. Menu ini biasanya hadir saat acara khusus seperti pernikahan, pesta tahunan serta pesat panen. Rasanya sedikit pahit, tapi pecintanya sangat banyak. Siapa sangka, kuliner ini menggunakan bahan yang tak terduga. Trites menggunakan isi lambung sapi atau kerbau berupa rumput atau daun sebagai bahan utama. Aromanya menggiurkan karena dipadukan dengan aneka rempah khas suku Batak Karo.

Trites
Trites via instagram/@senyumtravelista

3. Tempoyak

Tempoyak ikan patin
Tempoyak ikan patin via instagram/@meirizalhasan

Pecinta kuliner pasti tak asing lagi dengan tempoyak. Makanan khas Bengkulu dan Palembang ini difavoritkan hingga sering muncul sebagai menu pendamping di restoran atau rumah makan.  Di balik rasanya yang menggigit, ternyata kuliner ini juga menggunakan bahan unik. Apalagi kalau bukan fermentasi dari daging durian. Biasanya sajian ini sering dipadukan dengan udang, ikan patin, dan beberapa lainnya.

Tempoyak udang
Tempoyak udang via instagram/@nyimasfitriyulia

4. Sambal Tumpang

Sego Sambal Tumpang
Sego Sambal Tumpang via instagram/@yantimaragas

Pecinta kuliner Jawa Timuran pasti tak asing lagi dengan sambal tumpang. Sajian ini berbeda dengan sambal pecel meskipun terlihat serupa. Bedanya jelas pada bahan utama yang digunakan. Bukan kacang, bahan untuk membuat menu menggiurkan ini adalah tempe busuk yang dihaluskan. Cara mengelolah juga tak susah. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi. Pastinya kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Sego Tumpang
Sego Tumpang via instagram/@sotokarang_donatdonut

5. Ampo

Ampo Tuban
Ampo Tuban via instagram/@rennyrh3

Kuliner dari bahan tak terduga berikutnya adalah ampo. Sekilas makanan dari Tuban ini menyerupai astor. Ternyata, bahan utama pembuatan camilan ini adalah tanah liat tanpa ada campuran lainnya. Tak asal tanah liat yang digunakan, pembuatnya memakai bahan terpilih. Tak perlu khawatir, menu ini cukup aman untuk dikonsumsi. Bahkan, beberapa ibu hamil yang menjadikanya sebagai camilan.  

Ampo
Ampo via instagram/@ilovetuban

Nah, itulah kuliner dari bahan tak terduga yang ternyata enak banget. Bagaimana dengan kamu? Punya makanan lain yang menggunakan bahan-bahan unik? Tulis ceritamu di kolom komentar ya!

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner tradisional
Share