Kuliner Bernama Gajah di Indonesia, Yuk Cari Tahu Apa Saja

Kekayaan Indonesia tidak hanya datang dari alamnya saja, melainkan juga ragam makanannya. Bahkan, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner masing-masing yang unik. Tidak hanya jenisnya saja yang unik, namanya juga. Bahkan ada beberapa yang menggunakan nama binatang. Kali ini Travelingyuk telah mengumpulkan kuliner bernama gajah di Indonesia. Apa saja?

Kuping Gajah

Kuping Gajah, via Instagram/surabayafoodies
Kuping Gajah, via Instagram/surabayafoodies

Kuping Gajah merupakan kue tradisional Indonesia yang kerap hadir saat perayaan Idul Fitri. Nah, disebut demikian karena bentuknya memang menyerupai kuping gajah. Bentuknya memang unik dan istimewa, rasanya juga. Ada beberapa rasa yang ditawarkan, mulai dari cokelat, vanila, dan juga mocca. Bisa jadi camilan saat santai ya Teman Traveler. Bisa dibeli di banyak toko camilan.

Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah, via Instagram/tengkleng_gajah_bandung
Tengkleng Gajah, via Instagram/tengkleng_gajah_bandung

Selanjutnya adalah Tengkleng Gajah, yakni kuliner dari Jogja. Disebut Tengkleng Gajah lantaran porsinya yang cukup besar. Dan ini tidak ada daging gajah sama sekali. Tempat menjualnya sudah dibuka sejak tahun 2006. Warung makan ini tidak hanya menawarkan tengkleng saja, ada olahan kambing lainnya.

Alamat Warung Tengkleng Gajah berada di Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Rumah makan ini buka mulai pukul 09:00 sampai dengan 21:00 WIB. Sementara itu untuk harganya, satu porsi tengkleng gajah dibanderol Rp40.000-an.

Sego Gajah

Sego Gajah, via Instagram/surabaya_foodies
Sego Gajah, via Instagram/surabaya_foodies

Di Surabaya ada yang menawarkan menu dengan nama Sego Gajah. Yup, disebut demikian lantaran porsinya banyak yang diidentikkan dengan gajah yang besar. Dalam satu porsi Sego Gajah akan ada nasi, iga, ayam tahu, terong, sayur, lalapan, sambal yang kemudian disajikan dalam tempeh. Tempat jualannya adalah Budaer Kedai Makan Enak.

Alamat Budaer Kedai Makan Enak ini berada di Jl. Raya Kupang Indah No. 51, samping Oxygen Laundry. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 sampai denga 23:00 WIB. Harga satu porsi Sego Gajah yang banyak ini hanya dibanderol Rp35.000 saja. Bagaimana, apakah bisa dicoba?

Mie Gajah Pengki

Mie Gajah Pengki, via Instagram/voilajogja
Mie Gajah Pengki, via Instagram/voilajogja

Kuliner bernama gajah di Indonesia selanjutnya ada Mie Gajah Pengki yang berlokasi di Jogja. Ini merupakan mie lebar ala kwetiau khas Metro, Lampung. Dinamakan Mie Gajah Pengki konon lantaran porsinya yang banyak dan bentuk mi-nya gepeng besar. Kamu bisa mendapatkan mi ukuran jumbo ini di Mie Gajah Pengki. Lokasinya ada di dua tempat berbeda,

  • Jalan Kaliurang km 13, utara gerbang UII.
  • Jalan Seturan Raya, sebrang Kepiting Bang Jai.

Jam bukanya mulai dari pukul 11:00 sampai dengan 21:00 WIB. Harganya, seporsi mi gajah jumbo dipatok Rp15.000. Sementara yang ukuran kecil Rp12.000 saja. Cukup terjangkau untuk ukuran kuliner jumbo ya?

Itulah empat kuliner bernama gajah di Indonesia. Kira-kira ada apa lagi ya? Yuk sharing.

Tags
kuliner bernama gajah di Indonesia kuliner Indonesia kuliner nama binatang
Share