Kulineran Tengkleng di Jogja, Rasa Nikmat Harga Merakyat

Siapa yang tidak kenal tengkleng? Kuliner berbahan dasar daging dan tulang kambing yang diolah menjadi hidangan yang mirip dengan gulai. Biasanya, menu ini juga menggunakan jeroan sebagai campuran. Selain di Solo, kuliner ini bisa kamu temukan di Kota Gudeg. Penasaran di mana saja warung tengkleng di Jogja yang rasanya nendang banget ini kan?

1. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah via instagram/@javafoodie

Dilihat dari namanya bukan berarti tengkleng yang disuguhkan di Desa Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman ini memakai daging gajah. Namun, tengkleng di sini menggunakan daging kambing yang memiliki ukuran super besar. Untuk cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Perpaduan rempah yang digunakan sangat pas di lidah. Hidangan ini sekilas mirip banget dengan gulai, namun kuahnya lebih encer. Menu lain yang bisa kamu coba di sini adalah sate kambing dengan tekstur empuk. Ada juga nasi goreng kambing yang tak kalah nendang di lidah. Sementaranya harganya mulai dari Rp20.000. Ini salah satu tengkleng di Jogja yang wajib dicoba.

2. Tengkleng Gendeng

Tengkleng Gendheng
Tengkleng Gendheng via instagram/@tengklenggendheng

Berikutnya tempat makan tengkleng di Jogja yang enak ada di Jalan Prof Yohanes. Lebih tepatnya di seberang utara Super Puding atau Gudeg Sagan. Buka dari jam 3 sore, tempat makan ini terbilang banyak penggemarnya. Bahkan, baru buka sudah banjir pembeli. Hal ini karena rasa tengklengnya sedap banget. Rasa kuah tanpa santannya segar, manis, gurih, dan pedas yang mantap di lidah. Nah, harganya juga terjangkau, mulai dari Rp20.000 hingga artikel ini ditulis.

3. Tengkleng Merapi

Tengkleng Merapi
Tengkleng Merapi via instagram/@kokokulineran

Kelezatan kuah tengkleng memang bikin ngiler. Apalagi jika rasanya paduan pedas dan gurih, seperti Tengkleng Merapi. Letak tempat makan inni berada di Jalan Affandi No.351, Demangan, Gondokusuman. Pilihan menunya bukan saja tengkleng original tapi ada varian tengkleng rica-rica. Rasanya, tak kalah nendang. Untuk harganya juga masih terjangkau, berkisar antara Rp12.000 hingga Rp30.0000.

 

4. Tengkleng HOHAH

Tengkleng Hohah
Tengkleng Hohah via instagram/@angpratala

Pecinta pedas bisa mampir ke Tengkleng Hohah. Tempat makan ini menawarkan seporsi tengkleng dengan cita rasa super pedas. Reaksi kepedasan dengan mengucapkan ‘hohah’ membuat pemiliknya berinisiatif menggunakannya ucapan tersebut sebagai nama. Nah, warung makan ini dapat kamu temukan di Jalan Wonosari No.141 km 7, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Tak hanya tengkleng, ada menu serba kambing di sini. Ada pula bir pletok yang siap menyegarkan tenggorokan. Sementara harganya berkisar antara Rp15.000 – Rp30.000 per porsi.

5. Tengkleng Sate Klatak Pak Pong

Tengkleng Sate Klatak
Tengkleng Sate Klatak via instagram/@darli5678

Siapa yang tak kenal dengan Sate Klatak Pak Pong. Di warung yang terkenal ini juga tersedia tengkleng lezat yang bikin kamu ketagihan. Bumbu tengkleng di sini terasa dari suapan pertama. Tak perlu khawatir, Teman Traveler tak akan mencium aroma amis. Justru daging empuknya bikin pengen nambah. Seporsinya cukup terjangkau, mulai dari Rp25.000. Letaknya di mana? Mampir saja ke Jalan Imogiri Timur, Km.10, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Rencana liburan ke Jogja, jangan hanya berburu gudeg. Coba juga tengkleng kambing yang dijamin mengenyangkan perut. Setuju kan?

Tags
Bantul Indonesia Jogja kuliner Jogja Sleman Yogyakarta
Share