Kuliner Bernama Buto di Indonesia, Panggilan Boleh Seram Tapi Rasa Bikin Ketagihan

Advertisement
Advertisement

Apa yang ada di benakmu saat mendengar istilah Buto? Raksasa berwarna hijau dan menyeramkan ya. Ternyata, nama sosok satu ini banyak diaplikasikan pada makanan lho Teman Traveler. Ada yang diberi nama Buto lantaran berukuran besar ada pula karena warnanya yang hijau. Inilah kuliner bernama Buto di Indonesia, rasanya tak seseram sebutannya kok.

Mie Buto Ijo, Malang

Mie Buto Ijo, via Instagram/jalanyuk.mamyuk
Mie Buto Ijo, via Instagram/jalanyuk.mamyuk

Kuliner bernama Buto di Indonesia yang bisa dicoba pertama adalah Mie Buto Ijo. Bukan karena ukurannya raksasa, disebut demikian lantaran memiliki warna hijau. Tenang saja, pewarna yang digunakan di sini alami, memanfaatkan sayur sebagai bahan bakunya.

Teman Traveler bisa memesan level kepedasan. Mie Buto Ijo ini berada di Jl. Patimura No. 5A, Klojen, Malang. Harganya, satu porsi dipatok Rp13.000 saja. Rasanya enak, kamu perlu coba ya.

Es Buto Ijo, Kediri

Es Buto Ijo, via Instagram/e_ndro
Es Buto Ijo, via Instagram/e_ndro

Di Kediri, Jawa Timur ada es yang kondang bernama Es Buto Ijo. Cabangnya banyak di kota lain. Dalam satu porsi es ini akan ada berisi kelapa muda, nata de coco, kolang kaling, mutiara sagu, sampai dengan biji selasih. Warna hijaunya dari sirup yang kemudian diberi kental manis.

Kuliner bernama Buto di Indonesia ini dikarenakan warnanya yang hijau, dianggap mencerminkan sosok seram dari Buto Ijo yang merupakan legenda dari Tanah Jawa. Salah satu tempat di Kediri yang bisa dikunjungi adalah yang berada di Jl. Kilisuci No. 85, Kediri. Bukanya mulai dari jam 10:00 hingga 16:00 WIB. Harganya, satu porsi es campur buto ijo dipatok Rp5.000 saja.

Nasi Goreng Buto (Nasi Goreng Papua), Jogja

Nasi Goreng Buto, via Instagram/streetfoodstories
Nasi Goreng Buto, via Instagram/streetfoodstories

Kemudian ada yang namanya Nasi Goreng Buto atau yang disebut juga dengan Nasi Goreng Papua. Disebut demikian lantaran porsinya yang benar-benar melimpah, satu piring bisa untuk 3-4 orang. Meskipun banyak, namun rasanya enak dan harganya murah meriah. Seringkali jadi langganan mahasiswa Jogja.

Nasi Goreng Papua ini berada di Jl. Godean Km. 2,9. Dari arah Tugu Jogja ke barat, setelah Mirota Kampus Godean lalu berada di samping Bakso Tengkleng Mas Bambang. Jam bukanya mulai dari jam 17:00 hingga habis. Harganya murah meriah, satu porsi tumpah-tumpah dipatok Rp12.000 saja.

Burger Buto, Malang

Burger Buto Panjang, via Instagram/angelinafebrianti
Burger Buto Panjang, via Instagram/angelinafebrianti

Di Malang lagi ada yang namanya Burger Buto yang menyajikan burger dalam ukuran jumbo. Tempat ini sudah terkenal sejak beberapa waktu yang lalu. Alamatnya berada di Jl. Sarangan No. 27, Malang. Di sini ada yang burger biasa, namun ukuran jumbo dan berwarna hijau. Ada pula burger buto panjang yang ukurannya mencapai 40cm.

Burger Buto bulat, via Instagram/burger_buto
Burger Buto bulat, via Instagram/burger_buto

Burger Buto ini mulai dari jam 12:00 hingga 21:30 WIB. Harganya sendiri mulai dari Rp15.000 sampai dengan Rp35.000. Salah satu yang banyak dipesan adalah Burger Buto Ijo yang ukurannya jumbo bisa dimakan 5-7 orang. Jangan lupa coba ya.

Kuliner bernama Buto di Indonesia di atas sangat menarik untuk dicoba ya, Teman Traveler. Jangan lupa mampi jika sedang jalan-jalan ke tempat kuliner buto itu berasal, ya.

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner bernama Buto di Indonesia kuliner Indonesia
Share