10 Kuliner Lezat dari Kediri, Harus Coba Kalau Nggak Mau Rugi Sendiri

Terkenal dengan kampung Inggrisnya, Kediri punya aneka sajian makanan yang juara dalam menggoyang lidah. Sepuluh kuliner lezat dari Kediri berikut ini, masing-masing punya citarasa yang unik. Salah satunya terbuat dari bekicot dan burung emprit. Pokoknya rugi kalau nggak coba sendiri! Penasaran seperti apa rasanya? Simak langsung saja yuk!

1. Tahu Takwa

Tahu Takwa, Kuning, Padat dan Kenyal via Instagram
Tahu Takwa, Kuning, Padat dan Kenyal via Instagram/ tri.wulandari_

Dijuluki sebagai Kota Tahu, Teman Traveler harus icip Tahu Takwa saat berlibur ke Kediri. Kehadiran tahu di Kediri, dibawa langsung oleh warga Tiongkok yang bermigrasi ke wilayah ini. Pada 1912, Lauw Soe Hoek, mulai membuka usaha pembuatan tahu. Kawasan ini dipilih para warga Tiongkok karena karakteristik air yang ada di Kediri  memiliki kesamaan dengan yang ada di Tiongkok. Tahu Takwa punya warna yang kuning terang keemasan, teksturnya kenyal dan padat.

2. Sate Emprit

Sate Emprit Mbah Darmo
Sate Emprit Mbah Darmo via Instagram/ kulinerankediri

Kuliner lezat dari Kediri dengan bahan yang unik bisa ditemukan di kawasan Gurah. Di sini ada sebuah kedai yang menjual sate emprit. Masyarakat sekitar, mengenalnya dengan nama Sate Emprit Mbah Darmo. Makanan ini merupakan sajian sate dengan bahan dasar Burung Emprit atau Pipit. Jika hobi dengan sate ayam, wajib coba kuliner yang satu ini. Selain itu, tersedia juga menu krengsengan emprit. Harga sate emprit per porsinya sekitar Rp 20 ribu, sementara krengsengan seharga Rp 13 ribu.

3. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang, Oleh-oleh Kediri via Instagram
Gethuk Pisang, Oleh-oleh Kediri via Instagram/ sartikanoriza

Kalau masih belum familiar dengan sate emprit, Teman Traveler boleh coba gethuk pisang. Penganan ini terbuat dari pisang raja nangka yang memang punya aroma khas. Ia dibungkus menggunakan daun pisang; persis seperti lontong. Rasanya manis, teksturnya empuk dan mengenyangkan. Menurut cerita, Dewi Sekartaji dari Kerajaan Jenggala juga sangat menyukai jajanan ini. Saat ke Kediri, jangan lupa beli ini sebagai oleh-oleh ya.

4. Sate Bekicot

Sate Bekicot Jadi Salah Satu Khas Kediri via Instagram
Sate Bekicot Jadi Salah Satu Khas Kediri via Instagram/ ayam_guling_yudistira

Satu lagi kuliner lezat dari Kediri dengan bahan yang unik. Ia adalah sate bekicot. Untuk mencicipinya, Teman Traveler boleh datang langsung ke Dusun Jengkol, Plosoklaten, Kediri. Di sini, terdapat beberapa warung makan yang menjual sate bekicot. Tekstur yang kenyal bercampur dengan bumbu kacang adalah perpaduan yang bikin banyak orang ketagihan. Selain dijadikan sate, bekicot juga bisa dicicipi dalam varian lain, seperti krengsengan dan kripik. Teman Traveler nggak penasaran?

5. Soto Podjok

Soto Legendaris di Kediri via Instagram
Soto Legendaris di Kediri via Instagram/ reanomicorazon

Di Jln Dhoho, Kediri, terdapat warung soto ayam yang sudah buka sejak 1926. Saat liburan ke Kediri, pastikan mengunjungi tempat legendaris ini ya! Dikenal dengan nama Warung Soto Podjok, soto yang disajikan memiliki kuah bening. Ayam yang digunakan juga merupakan ayam kampung. Dalam satu porsinya, Teman Traveler akan mendapatkan nasi yang disiram kuah bening, suiran ayam kampung, capar atau kecambah pendek, dan irisan seledri. Jangan lupa untuk tambah sambal dan perasan jeruk nipis!

6. Soto Bok Ijo

Segarnya Soto Bok Ijo via Instagram/ infokediri
Segarnya Soto Bok Ijo via Instagram/ infokediri

Berada di sekitar Terminal Tamanan, Kediri, Soto Bok Ijo sudah mulai buka sejak 1969. Dinamakan Bok Ijo karena awal buka, soto ini dijual di sekitar jembatan berwarna hijau. Soto yang dijual di sini, menggunakan ayam kampung. Taklupa ditaburi irisan seledri dan kol. Uniknya, saat memesan soto, para pengunjung akan dapat tiga mangkuk tambahan berisi kecambah pendek, irisan kol dan perasan jeruk nipis. Segar!

7. Tahu Poo

Tahu Poo, Pusat Oleh-oleh via Instagram
Tahu Poo, Pusat Oleh-oleh via Instagram/ andisugiartonih

Poo pada kata Tahu Poo merupakan plesetan dari Pusat Oleh-oleh. Salah satunya ada di Jln Yos Sudarso. Di sini Teman Traveler akan menemukan beragam jajanan menyenangkan dari Kota Tahu. Terutama, tentu saja tahu. Ada tahu pong goreng, tahu kuning goreng atau stik tahu. Cocok nih diborong untuk buah tangan.

8. Stik Tahu

Stik Tahu, Oleh-oleh Kediri via Instagram/ esternugroho
Stik Tahu, Oleh-oleh Kediri via Instagram/ esternugroho

Nah! Kuliner lezat dari Kediri yang satu ini pas sekali untuk Teman Traveler yang hobi nyemil. Untuk mendapatkannya, sama sekali tidak sulit. Berbagai merek stik tahu bisa mudah didapatkan di toko yang menjual aneka oleh-oleh. Tekstur renyah dengan rasa yang gurih, bikin nggak puas kalau makan cuma satu bungkus.

9. Nasi Pecel Tumpang

Nasi Pecel Tumpang Bu Sholeh via Instagram
Nasi Pecel Tumpang Bu Sholeh via Instagram/ febritaufiq

Salah satu penjaja nasi pecel tumpang yang terkenal di Kediri bisa ditemui di sekitar Stasiun Besar Kediri. Namanya Pecel Tumpang Bu Sholeh. Berbeda dengan nasi pecel dari daerah lain, di Kediri nasi pecelnya dicampur dengan sambal tumpang atau sambal yang terbuat dari tempe semangit atau tempe yang sudah mulai membusuk. Eits! Jangan khawatir, meski begitu, citarasanya lezat!

10. Nasi Goreng Mbah Man

Nasi Goreng Mbah Man via Instagram
Nasi Goreng Mbah Man via Instagram/ arifbarokah

Nasi Goreng Mbah Man, jadi kuliner lezat dari Kediri selanjutnya yang harus dicoba sendiri! Sajian ini unik sebab dimasak menggunakan arang. Selain itu, Nasi Goreng Mbah Man juga diracik tanpa penyedap rasa. Aroma dari pembakaran arang, jadi “tambahan” citarasa. Takheran, walau tanpa penyedap, kedai yang sudah bukan sejak 1962 ini tetap ramai pembeli.

Jalan dan liburan ke Kota Tahu, mengunjungi tempat-tempat wisata di sini, harus ditutup dengan mencicipi kuliner lezat dari Kediri. Kalau nggak, bisa-bisa rugi sendiri! Nggak mau kan?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner kuliner kediri kuliner lezat dari kediri
Share