Kenyang Kulineran di Belitung, Ini Cita Rasa Mantap yang Nggak Tanggung-tanggung

Soal makanan, orang Indonesia memang jagonya. Dengan beragamnya tradisi dan budaya, maka kulinernya pun banyak dan menjadi bagian dari kekayaan negeri ini yang patut untuk dibanggakan. Belitung misalnya, juga punya beberapa menu khas andalan yang hingga saat ini masih tetap ada tak tergerus zaman.

Jika mendengar kata Belitung, bagi generasi 90an langsung teringat buku saga rajutan Andrea Hirata, Laskar Pelangi. Filmnya box office dan menginspirasi banyak orang untuk datang ke sana. Ada SD, pantai, Tanjung Pandan dan masih banyak lagi. Objek wisata di kepulauan cantik ini melesat, wisatawan lokal berbondong-bondong untuk melihat dari dekat tempat-tempat bermain Ikal dan sahabat-sahabatnya.

Tidak hanya itu saja, otomatis kuliner Belitung juga ikut terangkat. Yang mulanya hanya dinikmati oleh penduduk lokal, kini juga dicari oleh wisatawan yang datang. Ini menjadi nilai plus untuk mengenalkan citarasa asli Belitung ke seluruh dunia.

Mengingat gempuran masakan ala-ala luar negeri begitu getol masuk Indonesia. Padahal menu lokal pun punya cita rasa yang lezat dan tidak tertandingi. Berikut ini adalah buktinya, Belitung memiliki beberapa kuliner khas yang wajib kamu coba, enaknya nggak tanggung-tanggung loh.

1. Kopi Belitung
Warung Kopi [image source]
Warung Kopi [image source]

Sebenarnya kopi di Belitung didatangkan dari beberapa daerah lain seperti Lampung, namun tetap saja cita rasa yang disuguhkan oleh kopi Belitung beda dengan seduhan kopi dari daerah lain. Tentu saja alasan utama terletak pada racikan kopinya. Ketika malam hari, warung kopi akan ramai dikunjungi oleh konsumen dan penikmat kopi sejati. Kamu yang nggak suka kopi pun bisa langsung jatuh hati dan nagih jika sudah mencicipi racikan ala Belitung. Ada beberapa destinasi di Belitung yang terkenal sebagai kota 1001 kopi tersebut. Misal Manggar, Belitung Timur. Di Museum kata Andrea Hirata juga ada kopi khas yang dimasak dengan tungku, jadi cita rasanya jauh lebih mantap.

2. Mie Belitung
Mie Atep
Mie Atep [image source]

Nggak lengkap jika wisata ke Belitung tapi nggak mencoba kuliner andalannya yang khas. Kamu wajib mencoba Mie Belitung. Yang membuat mie ini unik dan beda, tentu saja adalah kuah dan bumbu yang digunakan. Kamu akan merasakan cita rasa udang yang begitu enak. Dalam satu porsi terdapat mie yang kenyal kemudian ditambah dengan irisan tahu dan tauge, emping dan cabe rawit. Ada beberapa tempat yang menyediakan menu khusus berupa Mie Belitung. Salah satu yang sudah terkenal adalah Mie Atep di Jalan Sriwijaya. Jika tidak terlalu suka dengan udang dan mie, kamu bisa mencoba menu lain seperti nasi tim ayam yang nggak kalah enak.

3. Suto Belitung
Suto Belitung [image source]
Suto Belitung [image source]

Suto Belitung juga memiliki cita rasa yang khas. Sekilas memang seperti lontong sayur atau soto. Namun saat memakannya kamu baru akan tahu apa yang bikin beda. Bumbu-bumbu yang digunakan tentu juga beda. Kuah kuning dengan irisan lontong di dalamnya begitu mantap di lidah. Selain itu masih ada bihun, irisan daging dan kerupuk melinjo sebagai pelengkap. Kuah kental dibuat dengan campuran iga sapi dan santan kelapa serta tambahan rempah-rempah. Untuk mencicipi makanan khas ini kamu bisa datang ke warung Suto Belitung “Mak Jana” di kawasan Kafe Senang.

4. Pais
Pais [image source]
Pais [image source]

Pais adalah sebuah olahan ikan yang dimasak dengan bumbu khusus. Bumbu yang telah dibuat kemudian dimasukkan ke dalam ikan. Hal itulah yang membuat Pais enak sampai ke dalam-dalamnya. Ada beberapa jenis ikan yang pas dibuat untuk Pais, namun kebanyakan masyarakat Belitung memilih ikan ilak, unsat atau cubit. Pais mudah kamu temukan di mana-mana, namun akan lebih mantap jika kamu menyantapnya saat berkunjung ke pantai. Salah satu pantai dengan banyak penjual Pais adalah Pantai Tanjung Tinggi.

5. Berego
Berego [image source]
Berego [image source]

Berego adalah sebuah camilan khas belitung yang pas banget disantap saat kamu bersantai bersama keluarga. Berego merupakan makanan yang terbuat dari  tepung beras putih yang dibentuk pipih dan dililitkan melingkar. Dalam adonan Berego juga ditambahkan daging ikan yang dihaluskan. Kenikmatan maksimal dari Berego bisa kamu rasakan jika menyantapnya dengan kuah santan dengan bumbu khusus. Kamu bisa menemukam Berego di Rumah Makan Belitong Timpo Duluk yang terletak di Jalan Lettu Mad Daud, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Itulah beberapa kuliner khas Belitung. Manakah yang paling ingin kamu coba?

Tags
Belitung kuliner kuliner belitung
Share