Kuliner Banyuwangi Murah untuk Buka Puasa, Rasa Khas dan Ramah Kantong

Kuliner erat kaitannya dengan wisata. Sederhana saja, misal Teman Traveler sedang berkunjung ke suatu kota. Tentu akan sangat asyik jika kalian berkesempatan mencicipi kuliner khas-nya. Ada sensasi tersendiri ketika menjajal sajian Nusantara dengan lidah sendiri. Salah satunya adalah berburu kuliner Banyuwangi murah.

Nah Teman Traveler, kali ini kita akan membahas Banyuwangi. Kota berjuluk Sunrise of Java ini memiliki banyak destinasi ciamik yang pantang dilewatkan. Deretan kuliner khasnya juga tak boleh lolos begitu saja, terutama jika kalian mengaku sebagai petualang rasa.

Berikut adalah daftar enam kuliner murah Banyuwangi dengan cita rasa khas ala lare osing (anak osing). Dijamin memanjakan lidah, namun tak membikin kantong kering. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.  

Sego Tempong ‘Mbok Wah’ 

Sumber: Dok Pribadi
Sego Tempong (c) Khaira Ummah Junaedi Putri/Travelingyuk

Ini nih, salah satu sajian yang wajib Teman Traveler coba di Banyuwangi. Sego tempong merupakan makanan yang disajikan dengan nasi putih hangat, lalapan, tempe/tahu goreng, dan beragam varian lauk. Kalian bisa memilih ikan asin, telur dadar, daging, serta masih banyak lagi.

Sego tempong terasa sangat spesial dan khas karena sambal mentahnya yang super pedas. Perpaduan pas di lidah dan mengenyangkan perut, meski hanya seporsi.

Jika Teman Traveler sedang ke Banyuwangi, cobalah Sego tempong ‘Mbok Wah’ yang lumayan terkenal. Cukup bermodal Rp10.000, kamu bisa menikmati seporsi sego tempong nikmat ini. Tapi untuk lauk tambahannya, kalian masih harus merogoh kocek ekstra ya.  

Lokasinya Sego Tempong ‘Mbok Wah’ cukup mudah ditemukan. Mereka buka dekat Stasiun Karangasem, tepatnya di Jalan Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah. 

 Rujak Soto ‘Mbok Pat’ 

Sumber: Dok Pribadi
Rujak Soto Mbok Pat (c) Khaira Ummah Junaedi Putri/Travelingyuk

Konsep rujak dicampur soto mungkin terdengar aneh. Namun bakal rugi jika Teman Traveler sampai melewatkan kesempatan mencicipi kuliner khas Banyuwangi ini. Kombinasi dua makanan khas Nusantara tersebut ternyata cocok di lidah dan menciptakan cita rasa anyar yang khas.

Bumbu rujak dengan petis madura dipadukan dengan kuah soto yang punya bumbu rempah kuat. Terasa kian nikmat ketika ditambah jeroan atau tetelan empuk. Makan seporsi saja rasanya tidak akan cukup.

Jika Teman Traveler penasaran, bisa mencoba Rujak Soto Mbok Pat di Jalan Kyai Saleh No. 53 Dusun Krajan, Kelurahan Kepatihan, RT 03/ RW 02. Meskipun agak sulit dicari karena berada dalam gang, kalian dijamin puas dengan rasanya Teman Traveler. Kuliner Banyuwangi murah ini seporsinya dibanderol Rp. 10.000 saja. 

 Nasi Pecel Rawon ’Jenggirat’  

Sumber: Dok Pribadi
Nasi Pecel Rawon (c) Khaira Ummah Junaedi Putri/Travelingyuk

Lagi-lagi Banyuwangi memadukan dua makanan dalam satu cita rasa. Setelah sebelumnya ruka dan soto, kali ini pecel dan rawon. Teman Traveler bisa menjajal nikmatnya Nasi Pecel Rawon ‘Jenggirat’ di Jalan Diponegoro No. 2, Kepatihan. Lokasinya tepat di depan GESIBU Taman Blambangan Banyuwangi. 

Seporsi nasi pecel rawon hanya dibandrol Rp. 15.000. Teman Traveler akan disajikan sepiring nasi pecel berisi sayuran rebus seperti taoge, kacang panjang, bayam, dan tentunya sambal pecel. Tapi tunggu, hidangan ini juga bakal disiram kuah rawon pekat. Sama sekali tidak aneh di lidah, bahkan kian nikmat dengan peyek ikan yang crunchy

Es Temulawak Blambangan

Sumber: Dok Pribadi
Es Temulawak Blambangan (c) Khaira Ummah Junaedi Putri/Travelingyuk

Generasi milenial mungin cukup asing dengan minuman Temulawak. Namun hal itu takkan berlaku di Banyuwangi. Hampir di tiap sudut jalan Teman Traveler bakal menjumpai penjual Es Temulawak. Rasanya begitu sejuk menyegarkan, cocok diminum saat matahari tengah terik. Dahaga pun langsung hilang seketika.

Jika Teman Traveler sedang berada di Banyuwangi, jangan lupa mampir ke stand penjual Es Temulawak di area Taman Blambangan. Cukup bermodal Rp5.000, kalian sudah bisa menyeruput segelas es segar sembari duduk menyaksikan kendaraan lalu lalang. Stamina dijamin langsung kembali fit setelah lelah keluyuran

 Soto Babat Warung Ningrum Sritanjung 

Sumber: Dok Pribadi
Soto Babat Warung Ningrum Sritanjung (c) Khaira Ummah Junaedi Putri/Travelingyuk

Selain rujak soto yang ikonik, Teman Traveler juga perlu mencoba Soto Babat dengan kuah rempahnya yang terasa tajam. Apalagi kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp12.000 untuk merasakan nikmatnya semangkuk soto hangat dengan jeroan, tetelan dan babat empuk serta fresh

Penasaran, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Warung Ningrum Sritanjung. Lokasinya ada di Jalan Sritanjung, Temenggungan. Jika bingung, kalian cukup arahkan kendaraan ke Taman Sri Tanjung. Warung soto terkenal ini berada tepat di depan pintu masuk taman.

Rujak Kecut Losari 

Sumber: Dok Pribadi
Rujak Kecut Losari (c) Khaira Ummah Junaedi Putri/Travelingyuk

Tak hanya rujak soto, di Banyuwangi Teman Traveler juga akan menjumpai banyak penjual rujak kecut. Mereka sih biasanya berkumpul satu tempat, jadi lebih mudah dicari.

Dari segi tampilan rujak kecut mirip seperti rujak serut kebanyakan. Sajiannya terdiri dari perpaduan bumbu rujak dengan varian buah seperti mangga muda, jambu air, nanas, timun, belimbing, dan juga pepaya muda. 

Meski begitu, rujak kecut losari ini memiliki cita rasa asam yang dominan. Kuahnya juga terasa lebih segar. Cocok disantap saat matahari sedang terik-teriknya. Apalagi harganya relatif murah, sekitar Rp6.000 semangkuknya. 

Rujak Kecut Losari yang terkenal bisa Teman Traveler sambangi di Jalan Losari, Kepatihan. Selain cukup populer di kalangan traveler, lokasi kedai rujak ini juga sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja.

Itulah deretan kuliner Banyuwangi murah dengan citarasa khas yang wajib Teman Traveler coba. Jangan sampai dilewatkan jika kalian sedang berada di tanah Sunrise of Java. Selamat liburan!

Tags
Banyuwangi Indonesia kontributor kuliner banyuwangi Travelingyuk
Share