Kuliner Balungan Surabaya, Bikin Nggak Berhenti Sruput

Jawa Timur adalah salah satu surganya makanan enak, termasuk Surabaya. Tak hanya dikenal dengan kuliner khas seperti rujak cingur dan lontong balap, masih ada banyak menu-menu menggoda yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Setelah lelah berkeliling kota, tak ada salahnya memanjakan diri dengan makanan enak seperti kuliner balungan Surabaya yang dijamin akan membuatmu susah berhenti nyruput. Apa saja, ya?

1. Bakso Pak Seger Pringadi

Bakso Pak Seger Pringadi Surabaya
Bakso Pak Seger Pringadi Surabaya via Instagram/@mark_lamoh

Siang-siang panas di Surabaya tidak akan membuatmu menolak nikmatnya godaan dari wangi bakso. Apalagi Bakso Pak Seger Pringadi yang sudah terkenal enak sejak sekitar 30 tahunan yang lalu. Paling spesial adalah tambahan tetelan dan sumsum.

Bakso Pak Seger Pringadi
Bakso Pak Seger Pringadi via Instagram/@surabaya_foodies

Bagi yang takut gendut, lebih baik hindari kuliner satu ini karena akan membuyarkan niat dietmu. Lemak di mangkuk baksomu melimpah, selain itu bisa tambah tetelan yang akan membuat kuahmu semakin gurih. Mampir saja ke warung sederhananya yang berlokasi di Jalan Pirngadi, Bubutan, Surabaya. Meski buka hingga pukul 15.00, kabarnya bakso ini selalu sudah habis sebelum sore.

2. Sop Kikil Sapi Lodoyo

Sop Kikil Sapi Lodoyo Surabaya
Kuliner Balungan, Surabaya Sop Kikil Sapi Lodoyo via Instagram/@surabaya_foodies

Mana nih suara pecinta dari lontong kikil? Saat berkunjung ke Surabaya, luangkan waktu untuk mampir ke Sop Kikil Sapi Lodoyo yang berlokasi di Jalan Pucang Anom Tim. No.32, Kertajaya, Gubeng, Surabaya. Kikil di sini rasanya terkenal mantap. Ditambah lagi, kamu bisa meminta sumsum dan tetelan tanpa tambahan biaya, lho. Kedainya buka sejak pukul lima sore. Namun jangan datang terlalu malam kalau tak mau kehabisan sumsumnya. Yakin cuma mau makan seporsi?

Sop Kikil Sapi Lodoyo
Sop Kikil Sapi Lodoyo via Instagram/@horizonhoman

3. Bakso Kikil Manunggal

Bakso Kikil Manunggal Surabaya
Bakso Kikil Manunggal Surabaya via [email protected]surabayafoodies

Bakso merupakan kuliner yang memiliki banyak penggemar. Ditambah lagi, kini sudah banyak varian bakso yang semakin menggugah selera. Sebut saja, Bakso Buaya dan terbaru adalah Bakso Bambu Runcing yang bisa dicicipi di Jepara.

Bakso Kikil Manunggal
Bakso Kikil Manunggal via Instagram/@sasmitaedo

Ada beragam bakso enak di Surabaya, coba juga Bakso Kikil Manunggal yang berlokasi di Jalan Jolotundo No.10, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya. Kuahnya mantap, kikilnya membuat rasa setiap porsinya semakin gurih. Apalagi jika ditambah sumsum. Duh, bisa nggak berhenti sruput, nih. Mampir saja ke Bakso Kikil Manunggal yang ada di Jalan Jolotundo No.10, Pacar Keling, Surabaya. Warungnya buka dari sore hingga pukul 11 malam.

4. Budae Bar

Budae Bar Surabaya
Budae Bar Surabaya via Instagram/@budaebar

Surabaya punya banyak pilihan tempat nongkrong. Dari yang cuma ngopi cantik, hingga makan berat. Salah satunya adalah Budae Bar yang terletak Jalan Raya Darmo Harapan 1, Tanjungsari, Surabaya. Selain nongkrong di tempat yang nyaman dan keren, menu-menu di sini juga sangat memanjakan lidah. Tempat makan ini juga menyediakan sop sumsum yang kuahnya mantap. Makin disruput, bikin semakin tak ingin berhenti makan. Coba juga menu lain yang enaknya sudah terbukti, seperti mie, garang asem, dan iga. Bisa pulang dengan perut bahagia, nih.

Budae Bar
Kuliner Balungan Surabaya, Budae Bar via Instagram/@budaebar

Makan-makan selama liburan itu hukumnya wajib. Selain mencoba makanan khas, cicipi juga kuliner balungan Surabaya yang akan membuatmu kangen dengan kota ini. Bagaimana, kamu sudah pernah coba yang mana?

Tags
balungan Indonesia Jawa Timur kuliner Surabaya
Share