Kuil di Dalam Gua, Keindahan Magis Asia yang Memukau

Teman Traveler dapat menemukan beberapa kuil yang berada di dalam gua saat menjelajah Asia. Bentuk bangunannya pun cukup spektakuler. Bahkan beberapa di antaranya menyimpan relief dan patung-patung khas Buddha, juga Hindu. Tak kalah unik, bahkan ada kuil yang terbuat dari pahatan batu.  Di Asia Tenggara, Asia Timur, sampai Asia Selatan Teman Traveler dapat menemukan berbagai kuil di dalam gua dengan pemandangan yang memukau.

Ajanta Caves, India

Bagian dalam Ajanta Caves via instagram/travel_amazingindia

Kuil di dalam gua bisa ditemukan di India. Sebuah gua kuno yang berada di Maharashtra memiliki kuil yang terbuat dari pahatan batu. Di dalam kuil ini memiliki berbagai lukisan dan relief dengan karakter Buddha. Pahatan ini merupakan karya yang diukir di tengah-tengah bukit oleh masyarakat India kuno. Gua Ajanta sempat terbengkalai dan tertutup oleh semak belukar. Bangunan megah yang dihiasi dengan pilar-pilar tinggi ini telah ada sejak abad ke-2 masehi.

Batu Caves, Malaysia

Patung emas di Batu Caves via instagram/cornersoftheworld91

Malaysia juga mempunyai wisata kuil di dalam gua. Batu Caves adalah salah satu destinasi religi yang menjadi daya tarik wisata andalan. Tempat ibadah ini memiliki patung Dewa Muragan setinggi 42,7 meter yang hampir setara dengan ketinggian kuil. Sebelum mencapai kuil, Teman Traveler harus melewati ratusan anak tangga. Hingga saat ini kawasan yang memiliki tiga kuil tersebut masih sering dikunjungi wisatawan.

Pindaya Caves, Myanmar

Patung Buddha di Pindaya Caves via instagram/walk_travel_touroperator

Kuil batu unik yang terletak di Kota Pindaya ini memeiliki berbagai bentuk pagoda dan patung Buddha. Di setiap sudutnya terdapat bermacam-macam patung Buddha berlapis emas dengan berbagai macam ukuran dan ekspresi. Setidaknya sekitar 8.000 patung Buddha tersimpan di dalam kuil ini. Kuil megah ini juga memegang peranan penting bagi perkembangan umat Buddha di Myanmar.

Phraya Nakhon Cave, Thailand

Phraya Nakhon Cave via instagram/destinations2go

Di Negeri Gajah Putih, Teman Traveler juga dapat menemukan kuil megah yang berada di dalam gua. Phraya Nakhon Cave terletak dalam kawasan Taman Nasional Khao Sam Roi Yot yang berada tak jauh dari Kota Pranburi. Kuil ini dibangun pada tahun 1890 dalam rangka menyambut kunjungan Raja Chulalongkom. Phraya Nakhon terdiri dari dua ruangan. Ruangan pertama berisi papan informasi dengan peta yang menunjukkan tata ruang dalamnya. Kemudian ruang utama di sebelah kiri ruang masuk berisi Kuil Kuha Karuhas yang terkenal. Karena atapnya terbuka, hujan dan cahaya matahari masuk ke dalam gua dan menyinari area di sekitar kuil.

Panorama alam yang menarik memang masih dapat banyak ditemukan di Asia. Namun keunikan yang magis seperti kuil di dalam gua juga wisata yang sayang dilewatkan. Mana yang paling ingin dikunjungi Teman Traveler?

Tags
Kuil dalam Gua Luar negeri mancanegara Wisata
Share