Deretan Wisata Kuala Lumpur, Hepi Maksimal di Malaysia

Kuala Lumpur mungkin sudah familiar bagi hampir sebagian besar warga Indonesia. Tak sedikit warga Tanah Air yang menimba ilmu maupun mengadu nasib dengan bekerja di ibu kota Malaysia tersebut. Namun bagi yang ingin berlibur, ada deretan wisata Kuala Lumpur yang pantang dilewatkan.

Dari sisi budaya, Kuala Lumpur tak jauh berbeda dengan Indonesia hingga cocok untuk wisatawan yang baru pertama ke luar negeri. Berikut adalah rekomendasi deretan wisata Kuala Lumpur di kawasan metropolitan Klang Valley, sebagaimana ditututurkan kontributor Travelingyuk, Arief Kurniawan.

Petronas Twin Tower

Air mancur di pelataran Petronas (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Air mancur di pelataran Petronas (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sejak selesai dibangun dan dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 90-an, menara kembar setinggi 452 meter ini langsung jadi landmark utama Kuala Lumpur. Tentu pantang melewatkan berkunjung ke tempat ini jika kebetulan sedang berada di KL. Apalagi Menara Petronas juga sudah menjadi ikon Malaysia secara keseluruhan.

Petronas Twin Tower berada di kawasan perkantoran elit. Meski demikian, kawasan menara kembar saat ini juga sudah dianggap sebagai tempat wisata. Bagi yang ingin merasakan sensasi naik salah satu gedung tertinggi di dunia atau berfoto dengan latar kota dari ketinggian, bisa naik ke skybridge yang menghubungkan kedua menara di lantai 41.

Pemandangan ke arah Petronas Twin Tower (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Pemandangan ke arah Petronas Twin Tower (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Namun patut diingat biayanya cukup mahal, 84 ringgit atau sekitar 297 ribu rupiah. Bagi yang mengincar wisata gratis, berfoto dan menikmati suasana di halaman Petronas Twin Tower. juga sudah cukup menyenangkan.

Stasiun kereta terdekat dengan lokasi menara kembar adalah Kuala Lumpur City Centre (KLCC). KLCC juga dilalui bus gratisan bernama GO-KL. Bus tersebut bisa diakses dari Bukit Bintang atau KL Sentral.

Batu Caves

Anak tangga menuju Batu Caves (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Anak tangga menuju Batu Caves (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Batu Caves adalah bukit dengan gua serta kuil peribadatan Hindu di dalamnya. Di bagian pelataran terdapat patung raksasa Dewa Murugan setinggi 42 meter. Patung dewa Hindu lain juga bisa ditemui di sekitaran komplek tempat wisata ini.

Jangan heran jika di pelataran mencium bau-bau sesaji khas India. Selain dijadikan sebagai objek wisata, tempat ini juga dianggap suci oleh warga keturunan India yang ada di Malaysia, terutama mereka yang menganut kepercayaan Hindhu.

Bagian dalam Batu Caves (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Bagian dalam Batu Caves (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Batu Caves relatif mudah dicapai dari Kuala Lumpur. Tinggal menumpang kereta kommuter dari Stasiun KL Sentral, nantinya akan mengarah ke lokasi wisata dan berhenti tepat di gerbang masuk.

Central Market dan Petaling Street

Central Market (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Central Market (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Dua tempat ini merupakan pilihan terbaik bagi wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh dengan harga murah. Mulai dari gantungan kunci, t-shirt, kuliner khas, hingga jersey klub sepakbola bisa ditemukan di kedua pasar yang letaknya berdekatan tersebut.

Layaknya Pasar Tanah Abang di Jakarta, kemampuan tawar menawar sangat dibutuhkan di sini. Central Market dan Petaling Street terletak tepat di pusat kota Kuala Lumpur. Aksesnya pun mudah karena dilewati berbagai jenis transportasi umum.

Komplek Dataran Merdeka

Bangunan unik di Komplek Dataran Merdeka
Bangunan unik di Komplek Dataran Merdeka via Instagram rachel.julia16

Komplek Dataran Merdeka adalah tempat dikumandangkannya kemerdekaan Malaysia dari Inggris pada 1957 silam. Mencapai lokasi ini juga cukup mudah, dari stasiun KL Sentral pengunjung cukup naik LRT ke Pasar Seni. Setelah itu jalan terus sampai ujung Kasturi Walk di samping Central Market.

Di komplek Dataran Merdeka terdapat Kuala Lumpur City Galery, museum berisi foto dan miniatur yang menunjukkan perkembangan Kuala Lumpur dari masa ke masa. Cocok bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah KL. Masih di lokasi yang sama, wisatawan juga bisa mengunjungi tempat menarik lain seperti Bangunan Sultan Abdul Samad, Perpustakaan Nasional, dan Lapangan Utama.

Itulah deretan wisata Kuala Lumpur yang pantang dilewatkan. Jika kebetulan berkesempatan mengunjungi Malaysia, tak ada salahnya datang ke tempat-tempat tersebut.

Tags
Kuala Lumpur Malaysia Travelingyuk Wisata
Share