Lebaran Datang, 10 Kue Tradisional Ini Bisa Jadi Rekomendasi Sajian Istimewamu

Lebaran tidak hanya identik dengan mudik dan macet. Ada juga kuliner khas yang hanya muncul saat Hari Raya Idul Fitri, salah satunya jajanan khas lebaran yang disajikan kepada tamu yang datang. Nah, kamu yang masih bingung mencari sajian istimewa, berikut rekomendasi kue tradisional lebaran yang enaknya bikin ketagihan.

1. Rengginang

Rengginang
Rengginang via instagram/@fuji_ava

Siapa yang tak suka dengan camilan di balik toples Khong Guan ini. Yap, rengginang yang berasal dari nasi atau beras ketan yang dijemur ini memiliki tekstur renyah. Rasanya gurih dan bikin nagih. Apalagi rengginang lorjuk yang merupakan khasnya Madura.

2. Kembang Goyang

Kembang Goyang
Kembang Goyang via instagram/@woelandj

Tak hanya di Betawi, kamu bisa menemukan kue tradisional lebaran ini di beberapa kota lainnya dengan nama berbeda. Bentuknya menyerupai kelopak bunga. Cara memasaknya unik, di mana alat penggorengannya digoyang-goyang agar adona lepas dari cetakan. Rasanya ada yang asin dan manis. Beberapa juga menambah wijen agar rasanya makin nendang.

3. Semprong

Kue Semprong
Kue Semprong via instagram/@semprong_camerok

Berikutnya adalah kue semprong yang juga dikenal dengan nama opak. Jajanan yang bahan utamanya berupa telur dan tepung ini memiliki rasa manis serta gurih yang bikin nagih. Teksturnya renyah, ketika digigit. Pastinya bikin pengen nambah lagi.

4. Kue Satu atau Satru

Kue Satu atau Satru
Kue Satu atau Satru via instagram/@sugi_surya

Menu lebaran tidak hanya opor ayam dan ketupat. Setoples kue satu atau satru juga menjadi andalan banyak orang. Jajanan ini renyah dengan rasa yang khas di dalamnya. Belum lagi serbuknya yang memiliki rasa manis dan bikin ketagihan. Setuju kan?

5. Sagon

Sagon
Sagon via instagram/@omahdjowo

Tak hanya satru, sagon juga menjadi pilihan banyak orang sebagai sajian tradisional saat lebaran. kue ini terbuat dari olahan tepung beras ketan yang dicampur dengan kelapa. Cita rasanya manis gurih. Teksturnya sendiri renyah.

6. Grubi atau Carang Mas

Carang Mas
Carang Mas via instagram/@punkqardi

Kamu suka makanan manis-manis? Grubi atau carang mas sangat cocok untuk kamu. Jajanan ini terbuat dari ubi yang diserut sehingga membentuk persegi panjang ukuran kecil. Setelah itu digoreng dan disiram dengan gula merah. Rasanya, tentunya saja legit.

7. Kuping Gajah

Kuping Gajah
Kuping Gajah via instagram/@fridajoincoffee

Kue kering berikutnya yang juga tak pernah luput dari perhatian adalah kuping gajah. Dari bentuktnya, terlihat jelas jika jajanan ini memiliki tekstur renyah. Sementara rasanya manis, gurih asin, yang berpadu dengan sempurna.

8. Tingting jahe

Ting-ting Jahe
Ting-ting Jahe via instagram/@visitpetungkriyono

Jajanan ini tidak hanya populer sebagai oleh-oleh. Tingting jahe juga difavoritkan saat lebaran datang. Dibandingkan lainnya, cita rasa dari menu ini memang unik banget. Perpaduan bahan-bahan utama terasa pas, dengan rasa jahe yang menggigit. Sementara teksturnya kering tapi sedikit lengket.

9. Keciput

Keciput
Keciput via instagram/@fridajoincoffee

Suka ngemil? Pasti tak asing lagi dengan kue keciput. Bentuknya ada yang lingkaran, dan ada juga yang mirip bidaran. Jajanan ini identik dengan wijen di kulitnya. Mirip banget dengan onde-onde. Cita rasa jajanan ini gurih manis.

10. Semprit

Kue Semprit
Kue Semprit via instagram/@veronicadhani

Kue modern yang ada hadir saat ini memang banyak. Namun, jajanan tradisional seperti semprit tak ditinggalkan. Kue manis ini selalu saja mencuri perhatian. Apalagi rasanya yang pas dengan paduan bahan yang spesial.

Nah, itulah 10 kue tradisional lebaran yang bisa menjadi rekomendasi untuk sajian di rumahmu. Bagaimana, tertarik yang mana saja nih?

Tags
Indonesia Kue Lebaran kue tradisional
Share