Kue Mangkok, Kuliner Pembawa Berkah Khas Tiongkok

Masih ingat dengan kue Mangkok? Sebagian besar anak mudah zaman sekarang mungkin tak kenal dengan jajanan tradisional ini. Berbeda lagi dengan generasi zaman old yang pasti ngiler ketika mengingatnya. Yap, kue ini memiliki bentuk lucu seperti mangkok dengan cita rasa yang nendang di lidah. Lalu, seperti apa sejarah dari jajanan ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Kue Istimewa dari Tiongkok

Kue mangkuk
Kue mangkok (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Seperti kue keranjang dan bulan, kue mangkok merupakan kuliner yang berasal dari Tiongkok. Tepatnya dari Tiongkok Selatan yang dibawa oleh pendagang ke Indonesia. Di negeri asalnya, kue ini bernama Fak Kaw. Meski bentuknya serupa, cita rasa Fak Kaw dan kue mangkok memiliki cita rasa sedikit berbeda. Hal ini karena menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Jumlah Kue yang Datangkan Berkah

Berasal dari tionghoa
Berasal dari tionghoa (c) Rizky Nusantara/ Travelingyuk

Berdasarkan sejarah, kue ini biasanya dihidangkan saat perayaan. Menariknya, kue yang disajikan harus berjumlah ganjil, seperti 3,5,7 atau 9. Angka 3 melambangkan tentang dunia dan akhirat, sedangkan angka 5 ke atas menunjukkan mampu atau tidaknya seseorang dalam merayakan upacara. Bagi rakyat Tionghoa, jumlah tersebut juga menunjukkan keberkahan, kebahagian, dan kemakmuran. Jadi, semakin banyak maka makin bahagia dan makmur orang tersebut.

Cita Rasa Kue Khas Tiongkok yang Menggoda

Ilustrasi Kue Mangkuk
Ilustrasi Kue Mangkok via instagram/@cookingwithsheila

Kue khas Tiongkok ini mirip dengan kue bolu. Bedanya, jajanan manis ini memiliki banyak warna yang menunjukkan kebahagiaan, kemakmuran dan kesejahteraan. Bahan dasar pembuatannya berupa tepung beras dan tepung terigu yang dimasak dengan metode dikukus. Setelah matang, bagian atas kue ini akan merekah. Menurut kepercayaan Tionghoa, rekahan kue ini melambangkan harapan dalam kehidupan. Semakin merekah kuenya maka, akan semakin makmur dan banyak kekayaan di tahun yang baru.

Penjual Kue Mangkok di Solo

Dipercaya mendatangkan berkah
Dipercaya mendatangkan berkah (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Penjual jajanan ini terbilang makin sulit ditemukan. Salah satu tempat yang menyediakan kue ini ada di pasar tradisional, seperti di Pasar Gede, Solo. Camilan istimewa ini tersaji dalam keadaan hangat. Rasanya nendang apalagi jika ditambahkan dengan susu kental manis rasa cokelat. Tentunya bakalan makin sempurna. Ya kan?

Itulah ulasan tentang kue mangku yang merupakan jajanan tradisional dari Tiongkok. Rasanya nendang banget, apalagi ketika disajikan dalam keadaan hangat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya kan?

Tags
Indonesia jajanan solo kuliner Solo Solo Surakarta Travelingyuk
Share