Ragam Kue Khas Bugis, Cantik Manis Legit Menggigit

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
kue khas Bugis kue khas Bugis

Siapa yang tak kenal dengan kelezatan kuliner khas Bugis – Makassar. Sebut saja coto Makassar, sop konro, sop saudara dan lain sebagainya. Nah, bukan hanya jagoan untuk makanan berat, makanan ringan khas Bugis juga banyak ragamnya. Kaya rasa karena dibuat dengan bahan – bahan juara dan proses istimewa, inilah deretan kue khas Bugis yang tidak boleh tidak, harus banget Teman Traveler coba!

Biji Nangka

Biji nangka, via Instagram/laparlagimakanlagi
Biji nangka, via Instagram/laparlagimakanlagi

Disebut biji nangka karena jika memang dilihat sekilas memiliki bentuk yang sama. Warnanya kekuningan dan terlihat bisa dimakan sekali hap. Biji nangka ini memiliki citarasa manis. Bahan utama pembuatan camilan ini adalah kentang yang kemudian dilumuri dengan kuning telur bebek ditambah air gula. Penasaran dengan rasanya bukan?

Bolu Peca’

Bolu Peca’, via Instagram/afiffahjuwimade
Bolu Peca’, via Instagram/afiffahjuwimade

Kue selanjutnya adalah Bolu Peca’ yang memiliki karakter mirip sponge cake, namun proses perendaman dalam air gula merah setelah matang membuat teksturnya lebih lembut dan ‘pecah’ membelai lidah. Jadi bukan legit manisnya saja, tetapi sensasi juicynya yang seru dijamin bikin kamu ketagihan! Apa lagi jika dipasangkan dengan teh pekat hangat, pasti tambah nikmat!

Sikaporo

Sikaporo, via Instagram/thd_kitchen
Sikaporo, via Instagram/thd_kitchen

Namanya adalah kue sikaporo yang teksturnya lembut dengan dan bentuk yang cantik. Kue ini merupakan salah kue wajib untuk hantaran pernikahan masyarakat Bugis. Penampilannya mirip dengan puding dua lapis. Bahan bakunya adalah tepung beras, agar-agar, dan juga telur plus gula. Adonan tersebut kemudian dikukus dengan api sedang selapis demi selapis. Sudah dipastikan menikmati kue ini akan membuat harimu semakin manis!

Katirisala

Katirisala, via Instagram/marlyn_zn
Katirisala, via Instagram/marlyn_zn

Adaa lagi kue khas Bugis namanya katirisala. Ini merupakan pencuci mulut yang terbuat dari beras ketan hitam di bagian bawah dan adonan gula merah, santan plus telur di atasnya. Warnannya cokelat kehitaman, dengan rasanya nikmat tak ketulungan, layak dicoba jika ada kesempatan.

Bingka Bugis

Bingka Bugis, via Instagram/laparlagimakanlagi
Bingka Bugis, via Instagram/laparlagimakanlagi

Bingka bugis terbuat dari campuran tepung, santan, susu, daun pandan serta beberapa bahan lainnya. Bentuknya cantik menyerupai bunga dan warnanya hijau. biasanya akan ada taburan meses di bagian atasnya. Empuk dan semakin mantap dikudap selagi hangat.

Kuliner adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membawa kita berkelana ke suatu tempat dan mencicipi budaya daerah tersebut. Jadi jika Teman Traveler belum sempat ke Sulawesi Selatan, mulai saja ‘pemanasan’ dengan berkelana rasa melalui perburuan makanan khas daerah Bugis – Makassar. Bagi ceritanya sama kami ya kalau sudah mencoba!