Varian Coto Makassar yang Harus Kamu Coba Saat Berlibur, Soal Ketagihan Bisa Diatur!

Varian Coto Makassar yang banyak dijual di kota asalnya, harus banget dicoba saat Teman Traveler berlibur ke Kota Angin Mamiri. Jika selama ini yang dicicipi adalah Coto Makassar daging sapi, di lain waktu harus coba varian lain. Salah satunya bahkan dipercaya dapat meningkatkan stamina lho. Nggak usah khawatir soal rasa, karena sudah pasti lezat sekali. Daripada semakin penasaran, berikut ulasannya untuk siapa pun yang sudah nggak tahan!

1. Coto Daging Sapi, Tak Pernah Sepi Pembeli

Coto Daging Sapi Takpernah Sepi Pembeli via Instagram/ kulinergresik

Varian Coto Makassar daging sapi merupakan yang paling banyak dan mudah ditemui. Menemukannya saat berlibur ke Makassar, Teman Traveler tidak akan kesulitan. Hampir semua kedai yang menyediakan coto, memilih daging sapi sebagai bahan utamanya.

Seporsi Coto Makassar sapi, berisi irisan jeroan sapi dan dagingnya. Yang membuat semangkuk Coto Makassar sulit dilupakan adalah kuah berbumbu yang konon terdiri atas 40 macam rempah. Agar kelezatannya semakin terasa, Teman Traveler harus menyantapnya dengan buras. Salah satu kedai yang menjual Coto Makassar daging dan jeroan sapi ada di kedai Coto Nusantara. Kedai ini buka di sekitar kawasan Jalan Nusantara, Makassar.

2. Harus Coba Daging Kuda

Siapa Mau Coba Coto Makassar Daging Kuda? via Instagram/ rudywidhayaka

Jika kebetulan tengah berjalan-jalan dan berlibur ke kawasan Janeponto, Teman Traveler wajib coba varian Coto Makassar yang satu ini. Bahan campuran utamanya adalah daging kuda. Keberadaan kuda di Janeponto sangat banyak, sehingga sebagian diolah menjadi kuliner khas.

Menurut cerita, zaman dulu kuliner ini merupakan sajian khusus untuk para karaeng atau raja dan bangsawan karena khasiatnya yang dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria. Jika Teman Traveler penasaran dengan coto daging kuda, bisa datang ke Coto Kuda Turatea Belokallong yang ada di kawasan Balang Toa, Binamu, Janeponto. Serat dagingnya lebih kasar dibandingkan dengan sapi, namun begitu rasanya tetap menyenangkan di lidah!

3. Coto Ikan, Kenapa Nggak?

Harus Coba Juga Coto Ikan via Instagram/ kuliner_makassar

Varian Coto Makassar yang harus Teman Traveler coba selanjutnya adalah Coto Ikan. Ya! Bahan utamanya adalah ikan. Jenis ikan yang digunakan antara lain Ikan Kakap, Tuna dan Tenggiri. Salah satu kedai yang juara dalam menyajikan Coto Ikan adalah RM. Seafood’ku yang beralamat di sekitar Jln. Butung, Sunrise Tower lt 7-8. Daging ikan yang akan disajikan terlebih dahulu dibakar, sehingga aroma amis bisa sedikit berkurang. Penasaran, kan? Karena itu, ia wajib sekali dicoba!

4. Bosan dengan Ayam Goreng, Bisa Coba Coto Ayam

Tampilan Kelezatan Coto Ayam dari Gammara Hotel Makassar via Instagram/ gammarahotel

Olahan daging ayam seperti tidak ada habis. Selalu ada cara untuk menyajikannya dengan cara yang berbeda. Misalnya bosan dengan ayam goreng, ia bisa diolah menjadi Ayam Semur, Ayam Opor, Ayam Rendang atau Coto Ayam. Bagaimana, tertarik? Untuk mencicipi Coto Ayam, Teman Traveler tidak akan kesulitan menemukannya. Di kedai-kedai pinggir jalan hingga hotel seperti Gammara Hotel Makassar, Coto Ayam tersedia.

Ke empat varian Coto Makassar yang masing-masing memiliki cita rasa berbeda, merupakan kekayaan budaya dan warisan kuliner negeri ini. Rasanya unik dan nikmat. Saatnya mencoba!

Tags
Indonesia kuliner kuliner khas makassar Makassar Sulawesi Selatan varian coto makassar
Share