Kreasi Kue Kering dari Kurma, Pas Disantap Saat Lebaran

Kalau berbicara soal kurma, buah ini erat kaitannya dengan bulan Ramadan. Buah yang rasanya manis ini selalu disantap ketika berbuka karena cukup mengenyangkan. Agar tak bosan ketika mengonsumsinya, berikut sejumlah kreasi kue kering dari kurma yang cocok disantap ketika Ramadan juga lebaran. Penasaran?

Nastar Kurma

Nastar Kurma
Nastar Kurma via Instagram/jun_kitchen

Salah satu kreasi kue kering yang cukup banyak dijumpai yakni nastar kurma. Perbedaannya hanya terletak pada isiannya saja. Bahkan pembuatannya pun hampir sama. Jika ingin rasanya menjadi lebih gurih, Teman Traveler bisa tambahkan berbagai jenis keju mulai dari parmesan atau edam. Tak sulit untuk menemukan kue satu ini, kalian dapat menjumpainya di toko online maupun offline.

Kurma Kacang

Kurma Kacang
Kurma Kacang via Instagram/dee_jalan

Nggak cuma dibuat menjadi nastar, buah ini juga bisa diolah menjadi kue kurma kacang. Karena kurma memiliki rasa yang manis, perpaduan kacang membuat teksturnya jadi lebih renyah dan sedikit gurih. Teman Traveler bisa membuatnya dirumah. Kalian cukup memasukkan gula tepung, margarin, serta gula palem ke dalam wadah untuk diaduk selama satu menit.

Berikutnya tambahkan telur yang sudah dikocok terlebih dulu hingga merata. Masukkan kurma bersama dengan wijen dan kacang tanah, aduk, masukkan tepung terigu, baking powder, dan tepung maizena. Selanjutnya ayak perlahan, panggang, dan siap disajikan deh.

Kurma Lapis Cokelat

Kue kering dari kurma
Kurma lapis cokelat via Instagram/iir_cake

Teman Traveler bisa mencoba kreasi lain yang nggak kalah enak yakni kue kurma lapis cokelat. Cara membuatnya yaitu dengan lebih dulu membelah kurma lalu keluarkan bijinya lalu masukkan kacang di dalamnya.

Langkah kedua celupkan kurma di lelehan cokelat lalu diamkan sebentar hingga mengeras, masukkan ke lemari pendingin, lalu hias bagian atasnya agar makin menarik. Tara!, kue ini siap disantap jadi menu lebaran deh. Praktis banget kan?

Kurma Wijen

Kue Kering Kurma Wijen
Kue Kering Kurma Wijen via Instagram/kimri_dates

Jika onde-onde biasanya terdiri dari kacang hijau, berbeda dengan yang satu ini. Kreasi kurma wijen menarik untuk dicoba. Cukup membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya. Teman Traveler harus mencampurkan adonan seperti tepung terigu, jahe bubuk, kayu manis untuk diayak.

Setelah itu ambil sedikit dan bentuklah menjadi oval agar bisa digulingkan di atas wijen. Tekan bagian tengah, lalu letakkan kurma. Susun dan panggang lalu dinginkan sejenak. Hidangan siap disantap deh!

Itulah sejumlah kreasi kue kering dari kurma yang bisa Teman Traveler jadikan menu lebaran. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Tags
Indonesia kuliner
Share