Kue Janda, Kudapan Kegemaran Masyarakat Sulawesi Selatan

Jajanan khas Indonesia sangat beragam dan seolah tak ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, ada saja kuliner enak khas daerah yang perlu untuk dicoba kenikmatannya. Salah satunya adalah Kue Janda yang merupakan camilan kegemaran masyarakat Pangkep, Sulawesi Selatan.

Kue dengan nama yang sangat nyeleneh ini diprokdusi oleh tangan-tangan kreatif para wanita di Kelurahan Bonto-bonto, Kecamatan Ma’rang, Pangkep, Sulawesi Selatan. Warnanya cokelat dan memiliki rasa yang mak nyus saat digigit. Cocok untuk semua kalangan, dari anak-anak sampai lansia.

Asal Usul Kue Janda

Kue Janda dan Kue Cincin, Via Instagram beppa_kuebugis

Bukan sembarangan, ternyata ada sejarah di balik penamaan kue ini. Disebut sebagai Kue Janda lantaran yang membuat pertama kali adalah seorang janda. Hal ini tentu saja sangat menarik perhatian banyak orang. Nama yang benar-benar tak biasa dan bikin orang terperangah dengan keunikan yang ditawarkan.

Bahan-bahan Pembuat Kue Janda

Untuk membuat Kue Janda yang memiliki banyak penggemar ini, yang diperlukan adalah gula merah, tepung terigu dan minyak. Cara membuatnya sangat sederhana. Gula merah dilelehkan kemudian dicampur dengan tepung terigu, lalu diaduk menjadi adonan sampai kental. Setelah itu, adonan digiling dan diolesi menggunakan minyak. Adonan yang sudah jadi itu kemudian dicetak bulat-bulat dan yang terakhir dipanggang ke dalam oven sampai matang. Kue janda sudah selesai dibuat.

Sering Jadi Oleh-oleh Para Wisatawan yang Datang

Kue Janda yang menggugah selera Via YouTube RedaksiTrans7Official

Tidak hanya sebagai kudapan favorit masyarakat setempat, Kue Janda ini juga jadi oleh-oleh para wisatawan yang datang ke Pangkep. Kue Janda ini dijual di toko oleh-oleh. tapi, bagi kamu yang ingin mendapatkan langsung dari pembuatnya bisa datang ke Kelurahan Bonto-Bonto. Di lokasi ini beberapa kelompok ibu-ibu yang memproduksi Kue Janda dan dijual ke beberapa daerah seperti halnya Kalimantan dan juga Papua.

Sudah Enak Meski Tanpa Teh dan Kopi

Alasan lain kenapa jajanan khas Pangkep ini disebut dengan Kue Janda adalah karena kue ini tetap enak dinikmati meski tanpa pendamping apapun. Dengan kata lain, meskipun tanpa dinikmati bersama teh dan kopi, kue ini tetap memiliki rasa yang enak dan nikmat.

Nama kue yang begitu unik ya? Bagi kamu yang penasaran dengan Kue Janda, saat bepergian ke Kalimantan, Papua, ataupun juga Sulawesi bisa mencarinya di toko oleh-oleh. Cara lain adalah kamu bisa membuatnya sendiri karena bahannya juga gampang didapat.

Tags
Indonesia Kabupaten Pangkep kue janda Kue janda dari pangkep kue janda dari Sulawesi Sulawesi Selatan
Share