Lokasi Berburu Kue Dongkal di Jabodetabek, Jajanan Tradisional Khas Betawi yang Mulai Langka

Advertisement

Kue dongkal merupakan contoh dari jajanan tradisional khas Betawi yang mulai langka. Bahkan di Jakarta sekalipun, camilan ini sulit ditemui. Supaya kamu masih bisa mencicipi kue tradisional yang hampir punah ini, Travelingyuk telah mengumpulkan 5 tempat kue dongkal di Jabodetabek. Catat daftarnya, ya.

Kue Dongkal Depok

Kue dongkal di Depok, via Instagram/marisa_tamara
Kue dongkal di Depok, via Instagram/marisa_tamara

Kue dongkal juga disebut sebagai kue awug. Rasanya mirip dengan putu, namun bentuknya beda. Salah satu kue dongkal di Jabodetabek berlokasi di daerah Kantor Pos Depok. Temukan saja gerobak yang mangkal mulai siang hingga sore hari.

Untuk amannya, silahkan datang sekitaran pukul 17:00 ke atas ya. Kue dongkal memang nikmat disantap saat malam menjelang.

Dongkal di Ciledeug

Kue dongkal di Ciledug, via Instagram/belangaindonesia
Kue dongkal di Ciledug, via Instagram/belangaindonesia

Dulunya, kue dongkal disajikan saat upacara adat. Namun, kini sudah makin langka. Kue dongkal di Jabodetabek juga bisa dicoba di Ciledug. Ada pilihannya, putih dan hijau.

Langsung saja menuju sekitar Perumahan Deplu, Ciledug, di depan Alfamart. Tidak perlu banyak-banyak. karena makan sedikit saja sudah bikin kekenyangan. Tergiur mencoba?

Kue Dongkal di Tangerang

Kue dongkal di Tangerang, via Instagram/makansemaunya
Kue dongkal di Tangerang, via Instagram/makansemaunya

Di Tangerang juga ada yang jual kue dongkal. Rasanya enak dan gulanya lumer saat dimakan. Lokasinya ada di depan parkiran Alfamar di Tangerang City Business Park, di sampingnya Pizza Hut.

Datang saja ke Jl. Perintis Kemerdekaan No. 61, Babakan, Tangerang. Per porsi dipatok Rp10.000 dengan isian 7 potong.

Kue Dongkal Jalan Keadilan

Dongkal di Depok Timur, via Instagram/ekowidododo
Dongkal di Depok Timur, via Instagram/ekowidododo

Kue Dongkal selanjutnya ada di Jalan Keadilan Raya Depok Timur, samping Pangkas Rambut Bandung. Rasanya enak dan mengenyangkan. Jika berada di sekitaran alamatnya, jangan lupa untuk mampir dan mencicipinya. Kita sebagai generasi muda, wajib untuk terus melestarikannya warisan kuliner Bangsa, lho.

Kue Dongkal Rawalumbu, Bekasi

Kue Dongkal Rawa Lumbu, via Instagram/aanauf12
Kue Dongkal Rawa Lumbu, via Instagram/aanauf12

Salah satu kue dongkal di Jabodetabek berada di Bekasi, yaitu Dongkal Rawalumbu yang memiliki banyak penggemar. Di sini juga menerima pesanan lho. Bisa menghubungi nomornya di 0895604300029. Alamat pastinya ada di Jembatan 5 Rawalumbu Bekasi Timur. Untuk harganya, Rp10.000 sampai dengan Rp15.000 saja.

Jangan sampai kuliner seperti halnya kue dongkal ini punah ya Teman Traveler. Di Jakarta saja sudah sangat sulit didapatkan, semoga akan ada generasi-generasi muda selanjutnya yang melestarikan. Selamat mencoba.

Advertisement
Tags
Indonesia kue dongkal kue dongkal di Jabodetabek kue tradisional khas Betawi kuliner
Share