Ketan Punel, Kuliner Tradisional di Tengah Keramaian Surabaya

wahyu hestiningdiah

wahyu hestiningdiah

On Indonesia
Ketan Punel Ketan Punel

Menilik kuliner tradisional Surabaya menjadi agenda mengasyikkan. Aneka menu enak yang masih terjaga dan tak tergerus oleh zaman ini memiliki rasa istimewa yang pasti disukai. Jika Teman Traveler berencana mencoba makanan khas di malam hari, cobalah ketan punel. Lalu seperti apa rasa dan dimana juga kedainya? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Wahyu Hesti.

1. Kuliner Sederhana yang Menggoyang Lidah

Ketan Punel yang nendang (c) Wahyu Hesti/Travelingyuk
Ketan Punel yang nendang (c) Wahyu Hesti/Travelingyuk

Teman Traveler pasti tak asing dengan menu ketan. Salah satu tempat yang menawarkan menu ini adalah Kedai Ketan Punel yang berada di kawasan Raya Darmo Surabaya. Setiap harinya, kedai ini menawarkan menu ketan yang disajikan dalam bentuk menarik. Tak hanya original, tapi juga ketan punel pelangi yang hidangkan dengan topping buah-buahan. Ada alpukat, durian, mangga dan nangka. Tak lupa tambahan kelapa dan susu cair di atasnya.

2. Tempat Nongkrong Berkonsep Kedai Tempo Dulu

varian ketan punel /hes
Varian ketan punel (c) Wahyu Hesti/Travelingyuk

Mengusung konsep pedesaan di tengah kota membuat Kedai Ketan Punel berbeda dengan tempat nongkrong lainnya. Suasananya menyenangkan dan khas pedesaan. Ada tempat duduk dan meja yang terbuat dari bambu. Bahkan gebyok yang digunakan sebagai tempat pemesanan ketan juga berupa gazebo berbahan bambu. Alat saji ketan di sini juga sederhana, menggunakan piring berbahan seng. Ada juga lampu oblek untuk penerangan. Menariknya, penjual di sini menggunakan baju khas jawa lengkap dengan blankonnya. Tradisional banget kan?

3. Wedang Uwuh Pendamping Setia Ketan

segdarnya wedang uwuh/ hes
Segarnya wedang uwuh (c)Wahyu Hesti/Travelingyuk

Pernah dengar nama wedang uwuh? Minuman satu ini berbahan rempah-rempah yang dipadukan dengan gula kristal. Selain ketan punel wedangan ini menjadi menu paling difavoritkan oleh pengunjung menurut pemiliknya. Selain menghangatkan tubuh, wedang uwuh memiliki khasiat mengembalikan stimun tubuh menjadi lebih segar. Sementara rasanya didominasi manis dan pedas yang berasal dari jahe. Aromanya harum dan serasi dengan warna merah cerah yang berasal dari paduan secang dan gula.

menu kedai ketan punel/hes
Menu kedai ketan punel (c) Wahyu Hesti/Travelingyuk

4. Tempat Nongkrong untuk Pecinta Kuliner Malam

tempat nongkrong tengah kota /hes
tempat nongkrong tengah kota (c) Wahyu Hesti/Travelingyuk

Kedai Ketan Punel selalu ramai oleh pengunjung dan didominasi anak muda. Hal ini tidak lain karena harganya cukup murah, mulai dari Rp8.000-Rp20.000. Sementara itu, bukanya mulai pukul 16.00 hingga 00.00. Cocok banget untuk Teman Traveler yang ingin jelajah kuliner malam di Surabaya. Lokasinya juga strategis, berada di jantung kota Surabaya tepatnya di jalan Raya Darmo Surabaya tetap di depan Taman Bungkul. Lokasinya juga mudah dijangkau karena tak jauh dari ruas jalan utama.

Nah, itulah ulasan tentang Ketan Punel yang bisa jadi rekomendasi jajanan tradisional di Surabaya. Rasanya juga nendang, apalagi untuk varian baru yang kekinian. Makin pas lagi ditemani dengan wedangan. Bagaimana, sudah siap untuk cobain kuliner satu ini kan?