Liburan Mistis di Toraja, Seru dan Menegangkan

yaumil

yaumil

On Indonesia

Toraja dikenal memiliki proses pemakaman yang cukup khas. Maka dari itu, tak heran jika terdapat berbagai macam liang kubur khusus di wilayah ini. Keunikan ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga tak bosan untuk berlibur di sini. Mau tahu apa saja tempatnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Londa

Londa [image source]
Umumnya di dalam goa terdapat berbagai macam stalaktit ataupun stalagmit. Namun di Londa, kamu juga bisa menemukan peti mayat serta tengkorak yang tertata rapi. Meskipun terkesan mistis, namun kuburan ini memiliki keindahan tersendiri. Terbukti pengunjung tetap berdatangan ke sini. Mau berkunjung? Datang saja ke Desa Sandan Uai, sekitar 7 kilometer dari Kota Rantepao.

Banyak tengkorak [image source]

2. Tampang Allo

Tampang Allo [image source]
Lokasi pemakaman ini juga terletak di dalam goa. Bedanya, peti matinya berbentuk binatang dan tergantung rapi di dinding bersama bonekanya. Tempat ini merupakan kuburan massal akibat wabah influenza yang dikenal sebagai Ra’ba Biang pada tahun 1918. Di Tampang Allo juga bersemayam pasangan bernama Puang Menturino dan Rangga Bulaan beserta cerita romantisnya. Jika ingin berkunjung, langsung saja ke Lembang Kaero, Kecamatan Sangalla.

Kuburan berbentuk kapal [image source]

3. Lemo

Lemo [image source]
Sama seperti pemakaman lainnya, lemo pun juga merupakan tujuan para wisatawan di Toraja. Di sini, kamu akan menemukan deretan liang batu yang dijadikan tempat penyimpanan jenazah. Kawasan ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 dan menjadi kawasan cagar budaya. Lokasinya terletak di Jalan Poros Makale – Rantepao.

Dikubur di tebing batu [image source]

4. Kambira Baby Graves

Kambira [image source]
Selain goa dan bebatuan, tumbuhan pun juga dijadikan sebagai tempat pemakaman. Salah satunya terletak di Desa Kambira. Di sini terdapat berbagai kuburan pohon yang dikhususkan untuk bayi. Syaratnya adalah tubuh anak kecil berusia di bawah enam bulan, belum tumbuh gigi, dan masih menyusui. Kondisi tersebut dianggap masih suci.

Makam bayi [image source]

5. Kuburan Patane

Kuburan Patene [image source]
Kuburan ini mudah ditemui di berbagai pelosok Toraja. Keunikannya terletak pada bentuk pemakaman dengan berbagai model seperti rumah, tongkonan, ataupun peti besar. Biaya pembuatannya bisa mencapai miliaran rupiah, loh. Salah satu yang terkenal adalah Patane Pong Masangka di Pangli, yang jaraknya 9 kilometer dari Kota Rantepao.

Umum di Toraja [image source]

Itulah lima pemakaman unik yang ada di Toraja. Meskipun terasa mistis, namun objek wisata ini sayang untuk dilewatkan. Selamat berlibur di Toraja!